Jarang Disadari, Perilaku ini Sering Dilakukan Namun Ternyata Merusak Dirimu Sendiri

Posted on

kitasipil.com – Sebagai manusia membuat kesalahan sebenarnya adalah hal yang lumrah dalam hidup. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menyadari dan mengevaluasi kesalahan tersebut agar tidak terjadi kembali di kemudian hari.

Namun terkadang kita tidak menyadari ada perilaku yang dapat merusak kesehatan mental dan jasmani kita. Kita perlu mengubah hal tersebut dengan sikap positif yang harus kita pupuk dari hari ke hari.

Adapun kita perlu mengetahui apa saja sih sikap buruk yang sering kita lakukan tanpa disadari, bahwasanya kamu hanya sedang menjahati dirimu sendiri. Hal tersebut akan kitasipil jelaskan di bawah ini.

Sikap buruk Ini Tanpa Kamu Sadari, Ternyata Hanya Akan Merusak Dirimu Sendiri

1. Tidak Peduli pada Kesehatan Anda

Umumnya tubuh kita akan memberi pertanda atau alarm bahwa tubuh kita butuh istirahat atau sedang tidak dalam kondisi baik-baik saja. Sebaiknya hal yang perlu kita lakukan dengan beristirahat sejenak atau berobat ke dokter sebelum timbul permasalahan yang lebih serius di kemudian hari.

2. Gengsi untuk minta tolong kepada orang lain

Sebaiknya manusia kita tentu mempunyai kekurangan dan kelebihan, tidak semua mampu kita lakukan sendiri. meminta bantuan orang lain bukan berarti kita lemah, hal tersebut menunjukkan bahwa manusia sebagai makhluk tidak terlepas bantuan dari orang lain, contohnya untuk lahir ke bumi saja kita harus menggunakan bantuan bidan atau dokter bukan??

3. Meremehkan kemampuan dirimu sendiri

Setiap manusia terkeahri ke bumi, memiliki keunikan masing-masing. Terkadang kita tidak mau mencoba hal baru yang bermanfaat, kita duluan menyerah padahal akan selalu jalan bagi orang yang tidak berhenti mencoba.

4. Tidak mau menerima kekurangan yang ada pada dirimu

Jika kamu merasa memiliki kekurangan di dalam diri karena membandingkan dirimu dengan orang yang kamu liat selalu sempurna. Percayalah bahwa setiap mempunyai kekurangan baik yang terlihat maupun tidak. Cobalah lihat sekitarmu mungkin banyak orang memiliki kekurang lebih banyak daripada kita. Hal itu akan menumbuhkan rasa syukur yang lebih pada diri kita.

5. Selalu Mendengarkan Omongan Orang Lain yang Selalu Menjelekkan Kamu

Terkadang kita perlu mendengar krikitan yang baik, sebagai motivasi untuk lebih baik kedepannya. Namun bila hal tersebut hanya komnetar negataif tanpa dasar yang hanya akan menjatuhkan mental kamu. Bila  mereka tidak terima dengan konfirmasi yang kamu lakukan, maka solusinya adalah jangan pedulikan agar tidak menambah beban pikiran anda. Isilah pikiran anda dengan hal positif dan produktif.

6. Merasa selalu tidak enakan untuk berkata “tidak” pada permintaan orang lain yang justru merugikan kita sendiri

Terkadang kita tidak berani menolak permintaan orang yang justru hanya merugikan diri kita sendiri. Hal tersebut tidak bisa terus-terusn kita lakukan karena hanya akan menjadi beban batin bagi diri kita sendiri. Cobalah untuk menolak permintaa tersebut, buatlah hidupmu lebih bahagia dari hari ke hari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *