Inilah Kenapa Lulusan Teknik Sipil Memiliki Masa Depan Yang Cerah di Indonesia

Posted on

kitasipil.com – Banyak lulusan SMA sederajat yang akan memasuki bangku kuliah sebentar lagi. Mungkin ada sebagian kalian yang lulus di jurusan teknik sipil, penting bagi kalian untuk tahu bagaimana ruang lingkup kuliah di jurusan teknik sipil.

Mata Kuliah di Teknik Sipil

Mata Kuliah Teknik Sipil umumnya terkenal sulit, seperti mekanika teknik, perencanaan irigasi dan bangunan air, struktuk geoteknik,  kalkulus, dan lain-lainnya. Namun bagi kamu yang memang telah serius kuliah di jurusan teknik sipil, tentunya kamu pasti memiliki semangat yang lebih untuk lulus di mata kuliah tersebut.

Prospek Kerja Teknik Sipil

Sebagai mahasiswa teknik sipil, jangan ragu akan propek kerja setelah menjadi sarjana teknik sipil kelak. Indonesia sangat membutuhkan tenaga kerja di bidang konstruksi seiring pembangunan di Indonesia yang semakin berkembang dari waktu ke waktu.

Pemerintahan Indonesia juga sedang menggarap infrastruktur penting untuk masa depan Indonesia, seperti pembangunan IKN (Ibu Kota Negara) dan berbagai infrastruktur untuk menunjang pariwisata Indonesia yang lebih baik di mata dunia, tentunya akan banyak menyerap tenaga kerja di bidang teknik sipil.

Lulusan teknik sipil sangat dibutuhkan di berbagai jenis perusahaan, seperti konsultan, kontraktor, pemilik proyek baik pemerintah maupun swata, maupun berbagai profesi analis suatu bangunan konstruksi,

Gaji Teknik Sipil

Sebagai seorang engineer, gaji yang layak mudah untuk kita dapatkan, asalkan kita memiliki kualifikasi yang baik di bidang teknik sipil. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa teknik untuk mengasah kemampuan sebelum memasuki dunia kerja.

Umumnya jika bekerja di perusahaan swasta, mereka lebih mengedepankan skill dalam merekrut tenaga kerja. Kamu bisa belajar yang baik ketika sedang magang suatu perusahaan, atau ketika membantu project dari dosen.

Lowongan kerja teknik sipil

Sebagai lulusan teknik sipil yang ingin bekerja di Perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) sebagai manajemen trainee, umumnya mereka rutin membuka rekuitmen setiap tahunnya. Kamu dapat memfollow sosial media dan membuak website perusahaan BUMN Karya di Indonesia, seperti PT Waskita Karya, PT Wijaya Karya dan lain-lainnya.

Kamu juga dapat mengikuti job fair atau bursa kerja, dan carilah perusahaan yang membutuhkan lulusan Teknik Sipil.

Selain bekerja di swasta, kamu juga dapat bekerja sebagai ASN jika lulus mengikuti tes rekrutmen CPNS setiap tahunnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *