Apa Itu Search Engine Dan Macam-Macam Search Engine Terbaik Selain Google

Posted on

kitasipil.com – Di era sekarang ini, banyak orang yang belajar sesuatu hal secara autodidak. Hal tersebut merupakan dari kemajuan teknologi yang berkembang di saat ini. Rahasia ilmu yang dulu terasa mahal, kini sudah banyak beredar di internet.

Untuk mengakses informasi di dunia maya, kita umumnya menggunakan search engine Salah satu contoh penyedia jasa search engine adalah Google. Hampir seluruh pengguna internet menggunakan search engine ini dengan persentase penggunaan via komputer lebih dari 90%. Tapi sebelum kita ngomong tentang search engine lebih jauh. Tahukah kamu pengertian search engine itu?.

Apa yang dimaksud dengan Search Engine atau Mesin Pencari?

Search engine adalah adalah suatu program berbasis website untuk mengcari informasi yang tersedia di dalam suatu situs website dengan mengetikkan kata kunci kolom pencarian.

Hasil dari pencarian kata kunci tersebut akan muncul di SERP (Search Engine Result Page), dengan Peringkat 1-10 per halamannya. Semakin tinggi peringkat suatu website, semakin mudah situs tersebut mendapatkan visitor.

Cara Kerja Search Engine atau Mesin Pencari

Umumnya setiap serch engine memiliki algoritmanya tersendiri dalam menentukan peringkat suatu website di SERP. Algoritma tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor seperti, otoritas situs, keunikan konten, dan kualitas konten. Oleh karena itu banyak pemilik website yang menggunkan teknik SEO (Search Engine Optimization) untuk mendapat ranking di SERP.

Namun, sebenarnya banyak search engine berkualitas lainnya yang mungkin belum kamu ketahui, dan hal tersebut akan kitasipil pada artikel ini.

5 Search Engine Yang Bagus Sebagai Alternatif dari Google

1. Bing.com

Bing adalah search engine dari perusahaan pembuat sistem operasi komputer ternama di dunia yaitu Microsoft. Search engine sudah sangat banyak penggunanya karena memberikan keamanan yang lebih tinggi dari pada Google.

Bing umunya tidak melakukan index untuk situs berbau software bajakan, plagiarisme, dan situs berbahaya lainnya. Hal tersebut akan menjaga kamu dari mengakses situs yang mengandung malware.

2. Duckduckgo.com

Jika kamu pemilik website niche bule, tentu kamu sudah sering melihat visitor website yang masuk melalui search engine atau dengan mesin pencari duckduckgo.com.

Meskipun duckduckgo.com belum terlalu familiar di Indonesia, namun mesin pencari layak kita coba, mesin pencari tidak mengumpulkan data pribadi dari penggunanya. sehingga kamu terasa lebih privat dalam berselancar di dunia maya.

3. Yahoo.com

Buat generasi jadul pasti sudah tahu dengan search engine ini. BTW, dahulu Yahoo lebih populer dibanding google. Kini yahoo juga masih tetap relevan untuk digunakan sebagai alternatif google search engine. Banyak juga yang masih tetap setia menggunakan email yahoo di era sekarang ini.

4. Ask.com

Ask.com juga memiliki pengguna yang ramail di masa sekarang, kemudahan mengakses mesin pencari ini juga layak sebagai bahan pertimbangan. Mesin pencari ini awalnya merupakan situs tanya jawab yang sudah berdiri sejak 1996.

5. Ecosia.org

ecosia.org merupakan search engine atau mesin pencari yang terkenal karena kepedulian mereka terhadap alam dan lingkungan. Buat kamu yang penyuka alam mesin pencari layak untuk kamu gunakan.

Dari penjelasan diatas sudah tahukan apa itu search engine dengan lebih jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *