cara beli mobil bekas
tips membeli mobil bekas

Tips Membeli Mobil Bekas Versi Kitasipil

Posted on

kitasipil.com– Kebutuhan akan kendaraan terus meningkat dari waktu ke waktu, ada yang menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Untuk menggunakan kendaraan pribadi kita harus memiliki dana yang cukup untuk membelinya.

Memiliki kendaraan pribadi seperti mobil akan lebih memudahkan untuk mengangkut penumpang dan barang yang lebih banyak dibanding sepeda motor. Hal ini akan menguntungkan Sobat ketika berpergian jauh bersama keluarga dan memberikan privasi yang lebih dibanding kendaraan umum.

cara beli mobil bekas
Tips membeli mobil bekas – kitasipil.com

Untuk memiliki kendaran pribadi seperti sepeda motor ataupun mobil, Sobat dapat membeli kendaraan tersebut baik dengan kondisi baru maupun bekas. Seperti umumnya barang bekas, kita dituntut harus jeli dalam membelinya.

Oleh karena itu topik pembahasan kitasipil kali ini adalah cara membeli mobil bekas, karena apa??? jika Sobat salah memilih mobil bekas, hal itu itu bukannya menghemat isi kantong kita, tetapi justru akan merugikan kita sebagai, karena kita harus mengeluarkan budget yang banyak untuk memperbaikinya. Kali ini kitasipil akan memberikan tips beli mobil bekas berdasarkan pengalaman pribadi. Untuk penjelasan selengkapnya dapat dilihat di bawah ini.

Hal ini yang perlu Sobat Perhatikan Sebleum Membeli Mobil  Bekas veri Kitasipil

1. Periksalah kelengkapan surat-surat kepemilikan mobil tersebut

Sebelum Sobat membeli sebuah mobil bekas, sebaiknya Sobat memeriksakan surat-surat kemilikan dari mobil tersebut, Hal ini akan menghindari Sobat dari membeli mobil curian.

Sobat juga sebaiknya membawa kendaraan tersebut pada pada jasa menggesek nomor mesin untuk disesuaikan pada bukti kepemilikan kendaraan seperti:

  • BPKB (Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor)
  • STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)

Atau Sobat juga bisa mengeceknya pada SAMSAT di kota masing-masing

2. Memeriksa kondisi kendaraan

Hal ini merupakan salah satu yang hal terpenting ketika Sobat membeli kendaraan bekas, karena hal ini bisa menambah pengeluaran yang lebih besar nantinya.

Jika Sobat belum memiliki keahlian untuk melakukan pengecekan kondisi mobil, gunakanlah jasa pengecekan dari teknisi bengkel kepercayaan Anda.

Karena bengkel kepercayaan akan objektif dalam menilai kondisi mobil, jika mobil anda memilki banyak komponen yang perlu diperbaiki, coba minta pengurangan harga kepada pemilik lama atau dealer mobil second/bekas tempat Sobat membeli mobil dari harga wajar/pasaran mobil tersebut.

Contohnya jika harga wajar/pasaran mobil tersebut dalam kondisi baik Rp.200.000.000,00 akan tetapi ada perbaikan yang harus kita keluarkan sebesar 15.000.000, mintalah pengurangan harga mobil tersebut sehingga harga yang layak kita beli menjadi Rp185.000.000,00.

Jika penawaran harga mobil tersebut ditolak, sebaiknya Sobat dapat mencari mobil yang lain, jika tidak ingin mendapat pengeluaran tambahan lainnya.

3. Coba Biaya Balik Nama surat-surat kendaraan kepada pemilik baru

Ada hal yang juga harus diperhatikan yaitu biaya balik nama, coba tanyakan apakah biaya balik nama ditanggung oleh penjual atau oleh pembeli.

4. Coba Tes Kemudikan Sebelum Membeli

Selain menggunakan jasa bengkel terpercaya, Sobat juga sebaiknya memiliki keahlian dalam menilai kondisi suatu mobil. Tentunya hal butuh dipelajari, Sobat bisa bertanya pada teman yang telah terbiasa membeli secara bekas/second, bagaimana cara menilai kondisi suatu mobil ketika dikemudikan.

Demikian tips membeli mobil bekas dari kitasipil. Semoga berguna dan menjadi tambahan informasi bagi Sobat kitasipil. Terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *