Simple Googlebot Visited: Plugin WordPress Untuk Mengetahui Waktu Kunjungan Bot Google ke Blog Kita

Posted on

kitasipil.com – Sebagai pengelola blog yang menggunakan platform wordpress, lebih banyak fitur yang akan kita dapatkan dibanding dengan platform blogspot. Semua pengguna wordpress pasti mengetahui, plugin-plugin penting yang sebaiknya kita install untuk meningkatkan performa blog kita. Untuk plugin-plugin penting yang perlu diinstall di blog kita akan dijelaskan pada postingan lainnya.

Setiap pengguna wordpress memiliki cara-cara tersendiri dalam memilih plugin-plugin yang akan digunakan, sebelum menggunakan plugin di wordpress, kita wajib menginstall dan aktivasi plugin tersebut.

Kali ini kitasipil akan menjelaskan sebuah plugin yang ampuh untuk mengetahui waktu datangnya bot google ke blog wordpress kita. Untuk mengindeks blog beserta artikelnya ke google, kita perlu melakukan submit ke google search console.

Artikel baru untuk blog yang tidak submit ke google news umumnya memiliki waktu yang lebih lama untuk diindex oleh google bot. Namun kita dapat mengetahui apakah google bot telah berkunjung atau belum ke blog kita dengan cara menginstal dan aktivasi Plugin Simple Googlebot Visited di WordPress. Plugin Simple Googlebot Visited ini dibuat oleh Codent.

Cara Menggunakan Plugin Simple Googlebot Visited :

  1. Kita perlu masuk ke “wp-admin”
  2. Masuk ke menu plugins lalu ke “tambah baru”
  3. Cari Simple Googlebot Visited di kolom “pencarian plugin”
  4. Lakukanlan penginstalan dan aktivasi plugins tersebut
  5. Buka menu “postingan”, lalu lihat “semua postingan”, maka akan muncul kolom baru yaitu Googlebot

Setelah aktivasi plugin tersebut dilakukan, kolom google bot tersebut akan berisi keterangan “not registered visit”, nanti setelah google bot telah terdeteksi melakukan kunjungan lagi ke postingan kita maka akan muncul hasil “Last visit June 13, 2022 6:33 am”. Hasil tersebut menjelaskan bahwa bot google telah berkunjung ke postingan kita terakhir kali pada 13 Juni 2022, pada puku 6.33 AM.

Semoga postingan kitasipil mengenai plugin simple googlebot visited bermanfaat. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *