Cara Mengatasi Masalah ?m=1 Akibat Redirect dari Blogspot ke WordPress

Posted on

Kali ini kitasipil membuat kategori untuk blog ini yaitu tutorial. Tujuan dari kategori ini untuk berbagi solusi buat yang sedang mengalami masalah tersebut dan sebagai catatan bagi admin sendiri tentunya.

Jadi admin mau cerita sedikit nih, beberapa hari yang lalu tepatnya pada tanggal 15 Mei 2022, kami mencoba redirect blog kitasipil.com yang dahulu menggunakan blogspot sebagai tempat bernaung melakukan migrasi ke wordpress. Sebenarnya mimin sudah banyak nonton dan baca tutorialnya nih, namun masih aja deg-degan… karena ini adalah pengalaman pertama mimin redirect 301 dari blogspot ke wordpress.

Umumnya tuh setelah redirect dari blogger ke worpress selesai akan timbul masalah, yaitu terdapat perbedaan url homepage ataupun postingan antara versi mobile dengan desktop.

Ketika sobat dahulunya mengggunakan blogspot, biasanya akan muncul ?m=1, ketika kita membuka suatu url via mobile, contohnya : https://www.kitasipil.com/?m=1 . Hal ini akan membuat url tersebut tidak dapat diakses alias  “404” not found dan akan berpengaruh terhadap trafik blog anda.

?m=1 blogspot ke wp
Gambar halaman url 404 not found kitasipil.com

Jadi berdasarkan pengalaman kami, yang harus dilakukan adalah redirect 301 menggunakan  file .htaccess

Tenang caranya gampang kok….. ga usah khawatir

Berikut cara menghilangkan ?m=1 akibat redirect blogspot ke wordpress

1. Login Cpanel, atau bisa juga dengan mendownload plugin wp htaccess control atau edit di yoast juga bisa. tetapi mimin menyarankan sebaiknya di cpanel saja, terlalu banyak plugin akan memberatkan hosting sobat atau jika salah akan sulit untuk mengakses wp-login

2. Kita lanjut ya, Pilih ‘File Manager

3. Lalu masuk ke folder blog sobat, Jika tidak muncul silakan show hidden files

4. Jika sudah muncul file .htaccess, tinggal edit deh dengan memasukkan kode di bawah ini


kode htaccess tersebut dapat di download, disini

5. Lalu tinggal ‘save

6. Ini saran dari mimin berdasarkan pengalaman redirect blog ini, sebaiknya buka website google, lalu cari artikel yang telah diindex oleh mesin pencari menggunakan kata kunci “site://domainanda.com”, lalu akan muncul itu url blog anda yang telah diindeks ketika menggunakan blospot.

7. Cek satu-satu link tersebut, jika muncul 404 langsung redirect ke url baru menggunakan plugin “redirect 301”. Sebaiknya, sebelum redirect url  postingan, sobat setting permalink url baru yang mirip dengan url di blospot yaitu “month and name”. Mungkin melelahkan ya sobat, tapi ini penting agar sobat tidak kehilangan traffik secara drastis dan rangking artikel blog sobat tidak hilang sementara atau yang terburuk selamanya.

Disclaimer

Solusi ini telah kami coba itu berhasil dikami.

Buat yang mengalami kendala ketika redirect dari blogger ke wordpress dapat bertanya melalui email: [email protected]

Jika mampu, kami akan menjawabnya dengan membuat artikel mengenai permasalah tersebut.

Terimakasih telah membaca artikel cara menghilangkan ?m=1 akibat redirect blogspot ke wordpress ini. Semoga bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *