Buruan Belajar Menulis Blog, Yuk Intip Keseruan Yang Akan Sobat Dapatkan Dari Blog !!!

Posted on
Buat sobat Kitasipil yang punya banyak waktu luang dan punya kegemaran menulis, tidak ada salah jika sobat membuat blog pribadi. By the way, mungkin ada sebagian belum tahu secara jelas apa itu Blog??? So, silahkan simak sedikit penjelasan mengenai blog di bawah ini.

Menurut Wikipedia, Blog adalah singkatan dari web log atau lebih lengkapnya yaitu bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan yang kita muat akan dapat diakses oleh semua pengguna internet, tergantung dari topik dan tujuan blog tersebut.

cara menulis sebuah blog yang menarik minat para pembaca

Di era sekarang ini, segala kemudahan telah tersedia untuk menulis sebuah blog alias gratis. Banyak sekali layanan yang dapat kita gunakan untuk ngeblog, seperti Blogger.com, WordPress.com, Tumblr.com, dan lain sebagainnya. Semuanya punya kelebihan serta kekurangannya tersendiri. Tapi menurut saya Blogger.com adalah pilihan tepat buat sobat. Selain karena gratis, blogger.com sangat mudah digunakan untuk pemula. Sobat hanya perlu mendaftar ke blogger dan cukup menguasai sedikit keahlian dasar mengenai HTML.

Keseruan-keseruan apa yang akan Sobat dapatkan dengan menulis blog antara lain:

1. Memberi pengetahuan kepada orang lain

Dengan menulis suatu artikel yang berguna dan bermanfaat, Sobat tentunya telah memberi ilmu pengetahuan kepada orang lain. Hal tersebut akan menjadi ladang amal bagi sobat kelak. Mungkin hal kita tulis sepele bagi kita yang telah menguasai sesuatu hal, namun hal itu sangat berharga bagi mereka yang baru belajar.

2. Sarana latihan untuk menjadi penulis handal

Buat sobat kitasipil yang hobi menulis atau bahkan ingin menjadi penulis handal, blog dapat menjadi sarana latihan yang tepat lho…

Mungkin awalnya dalam menulis sebuah artikel terasa cukup berat, namun seiring pengalaman dan latihan menulis, kemampuan dan kecepatan menulis kita akan semakin terasah. Just learning by doing.. okay..

Jika bahasa yang kitasipil gunakan dalam menulis blog ini agak amburadul, harap dimaklumi, karena admin bukan jurusan sastra hhehe..

Namun dalam menulis artikel dalam blog sobat, ada hal satu hal yang harus diingat baik-baik, tulisan yang kita tulis tidak boleh mengandung unsur yang melanggar aturan hukum di Indonesia, seperti fitnah, pencemaran nama terhadap orang lain, dan sebagainya.

3. Media promosi diri anda kepada orang banyak

Buat sobat yang juga ingin membangun branding diri, blog juga dapat menjadi media promosi diri anda. Sobat dapat menulis hal terkait keahlian dan kegiatan sobat kepada para pembaca.

4. Mendapatkan Income melalui jaringan periklanan

Hal ini bukan merupakan rahasia umum, bahwa blog sobat dapat menjadi salah satu sumber pendapatan. Banyak blogger Indonesia yang telah dapat penghasilan yang lumayan bahkan besar dari sebuah blog. Sobat hanya perlu mengikuti program jaringan periklanan (Advertising Networks). Salah satu yang paling popular adalah google adsense. Blog sobat hanya perlu mengikuti syarat dan ketentuan dari pihak google adsense. Jika sobat diterima sebagai seorang publisher google adsense, blog sobat akan dibayar berdasarkan jumlah klik iklan yang didapat.

5. Sebagai tempat menjual barang atau jasa

Bila sobat ingin berbisnis dengan menjual barang dan jasa yang sobat miliki, silahkan sobat buat blog bisnis mulai sekarang. Namun sobat perlu mempromosikan dengan strategi marketing yang baik.

6. Membangun relasi dengan orang lain

Jika blog sobat sering dishare atau dapat menjadi rujukan di forum social media, hal tersebut akan menambah relasi pertemanan dalam ilmu pengetahuan. Relasi akan memudahkan dalam bertanya atau mengembangkan sesuatu, bahkan meminta bantuan mengenai suatu hal.

7. Ikut kompetisi blog

Blog kita dapat mengikuti kompetisi lho.. baik itu mengenai lomba desain blog, lomba menulis blog ataupun lomba lainnya yang berkaitan dengan blog. Jadi, sobat perlu bersiap mengasah kemampuan keahlian sobat dalam ngeblog. Jika ada kursus atau forum terkait blog, tidak ada salahnya kita ikut nimbrung..

Demikian pembahasan Kitasipil terkait keseruan yang akan Sobat dapatkan dari Blog.. Semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *