pengertian teknik sipil

Apa Itu Ilmu Teknik Sipil, Bagamana Sejarahnya Dan Cabang-Cabang Ilmu Teknik Sipil

Posted on

kitasipil.com – Teknik sipil itu apa sih?? Mungkin sebagian teman, atau kerabat dari kita masih banyak yang belum ngerti teknik sipil itu apa. Jika kamu merupakan mahasiswa maupun lulusan teknik sipil ini, tentu wajib mengetahui hal ini. Umumnya HRD sering bertanya buat kamu yang katanya seorang lulusan teknik sipil, apa sih teknik sipil itu sebenarnya?.

pengertian teknik sipil

Pengertian Ilmu Teknik Sipil

Buat yang tahu secara jelas, Ilmu Teknik sipil adalah suatu ilmu teknik yang mempelajari  tata cara mendesain struktur bangunan dan metode pelaksanaan pembangunnan konstruksinya. Adapun berbagai jenis konstruksi yang menjadi ruang lingkup ilmu teknik sipil antara lain, gedung, jalan, irigasi dan berbagai proyek infrastruktur lainnya. Adapun ada juga ilmu yang menjadi bagian daril ilmu teknik sipil yaitu ilmu lingkungan.

Jurusan teknik sipil merupakan salah satu jurusan yang paling favorit pilihan calon mahasiswa baru. Oleh karena itu, sebaiknya kita telah mengetahui bagaimana sih sejarah teknik sipil itu.

Sejarah Teknik Sipil

Sebenarnya sejarah belum mengetahui dengan jelas terkait kapan awal mula ilmu sipil mulai berkembang luas, karena seperti yang kita ketahui banyak bangunan peninggalan kuno telah berusia ribuan tahun telah berdiri kokoh sejak masa itu. Hal ini menunjukkan profesi dalam bidang teknik sipil telah berkembang sejak dahulu kala.

Contoh mahakarya enginer zaman dahulu bernama imhotep di Mesir kuno dan Mesopotamia seperti Pyramid Raja Djoser di Saqqara, yang memilki usia 4000 SM. Bangunan Piramid merupakan bangunan yang besar dan kokoh yang masih berdiri sejak dahulu kala hingga sekarang.

Profesi Teknik Sipil Menurut Sejarah

Berdasarkan wikipedia, Ternyata profesi engineer di zaman kuno  adalah sebuah profesi untuk para mliter yang bertugas membangun benteng, pos-pos militer, jalan, jembatan, bangunan sebagai infarstuktur pendukung untuk kegiatan sebelum maupun setelah perperangan.  Seiring jalannya waktu, profesi civil engineer atau teknik sipil mulai terpisah dari militer.

Berikut cabang-cabang ilmu teknik sipil antara lain adalah:

1. Struktur Bangunan

Struktur adalah cabang ilmu teknik sipil yang mempelajari mengenai hal-hal perencanaan, perancangan struktur, pengujian kekuatan komponen dari struktur-struktur konstruksi bangunan tersebut. Dengan mempelajari bidang ini kita lebih dapat mendalami cara perencanaan struktur suatu pekerjaan konstruksi dengan lebih mendalam.

2. Geoteknik

Geoteknik adalah cabang ilmu dalam teknik sipil yang mempelajari struktur tanah yang bdalam perencanan pondasi bangunan, untuk mengetahui sifat dan jenis tanah di lokasi konstruksi bangunan, ataupun untuk mengetahui apakah tanah, ataupun pasir tersebut layak menjadi material konstruksi bangunan. Umumnya, tanah pada pekerjaan konstruksi  berfungsi untuk menopang suatu bangunan di atasnya. Dalam bidang geoteknik kita lebih mempelajari yang merupakan penyelidikan keadaan-keadaan tanah di lapangan dan penyelidikan laboratorium yang berguna sebagai bahan pedoman perencanaan konstruksi suatu bangunan.

3. Hidrologi

Hidrologi adalah cabang ilmu dalam teknik sipil yang mempelajari tata cara perancangan konstruksi bangunan air dengan mengunakan prinsip-prinsip hidrolika agar agar bangunan air tersebut berfungsi optimal.

4. Transportasi

Transportasi adalah cabang ilmu teknik sipil yang mempelajari tentang perencanaan konstruksi jalan, perencanaan sistem lalu lintas darat, laut dan udara, serta pengaturan sistem transportasi berdasarkan aturan yang berlaku.

5. Manajemen Konstruksi

Manajemen Konstruksi adalah cabang ilmu teknik sipil yang mempelajari tata cara bagaimana mengatur manajemen pada pelaksanaan suatu proyek konstruksi yang umumnya meliputi, administarasi pekerjaan, perhitungan biaya pelaksanaan pekerjaan proyek konstruksi, dan pengendalian waktu pelaksaanaan proyek konstruksi pekerjaan, dengan tujuan tercapai pekerjaan hemat biaya, tepat waktu dan bermutu.

6. Ilmu Lingkungan

Teknik Lingkungan adalah ilmu lingkungan sangat terkait dengan ilmu teknik sipil,  karena akan mengatur pengelolaan air bersih dan air limbah dengan membuat instalasi pengelolaan air limbah yang baik.

Diera sekarang, umumnya bidang-bidang tesebut telah menggunakan software teknik sipil guna memudahkan perencanaan dan pengendalian suatu pelaksanan proyek konstruksi. Aplikasi yang umum digunakan antara lain adalah Autocad, Primavera, Ms Project, GIS, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *