Desain Rumah Teletubbies Yang Tahan Gempa Di Indonesia

Posted on

Kali ini Kitasipil akan memberi informasi mengenai desain rumah “teletubbies” yang tahan gempa di Indonesia. Informasi selngkapnya di bawah ini.

perbandingan rumah unik teletubbies tahan gempa jogjakarta dan di film teletubbiesGambar perbandingan gambar rumah teletubbies di film dan rumah teletubbies di Jogja via kaskus.com

Tahu gak Sobat Kitasipil bahwa di Indonesia ternyata ada rumah seperti di film teletubbies?. Mungkin bagi Sobat Kitasipil yang tinggal di daerah Yogyakarta sudah sangat familiar dengan desa tersebut. Perumahan teletubbies ini terletak di Dusun Ngelepen, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jadi buat Sobat Kitasipil yang lagi berkunjung ke Jojga tidak ada salahnya untuk datang ke daerah ini. Rumah berbentuk teletubbies ini sebenarnya menggunakan atap dome atau atap kubah. Rumah seperti ini sangat unik dan jarang di Indonesia. Tapi ternyata, desain rumah ini memiliki daya tahan terhadap gempa dan api lho.

asar tujuan dibuat perumahan teletubbies ini adalah karena dusun ngelepen saat itu luluh lantak hingga rata dengan tanah akibat gempa dahsyat yang terjadi di Yogyakarta pada tahun 2006 silam, sehingga masyarakat dusun Ngelepen dievakuasi ke lokasi yang lebih aman. Lalu datang bantuan pada bulan september 2006 dari Lembaga Masyarakat Non Pemerintah, Domes for The World Foundation melalui donatur yang merupakan seorang pengusaha, sekaligus pemilik Emaar Properti Dubai yang bernama Ali alabar.

Karena bentuknya yang unik dan kecil desa teletubbies ini sering dikunjungi oleh wisatawan. Meskipun kecil, rumah ini ternyata memiliki beberapa ruang dan bertingkat dua dan sangat ramah terhadap lingkungan. Masyarakat di desa ini juga tidak melupakan kearifan lokal. Keramahan dan keakraban masyarakat di desa ini juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung kesini.

Demikian pembahasan Kitasipil mengenai desain rumah “teletubbies” yang tahan gempa di Indonesia. Semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *