Punya Uang Nganggur, Yuk Berinvestasi Saham dan Simak Tips Investasi Saham dari Kitasipil

Friday, April 03, 2020

Postingan kali ini adalah postingan kitasipil yang pertama untuk di tahun 2020. Pada kesempatan kali ini kitasipil akan mengajak sobat semua yang memiliki dana tabungan menganggur alias uang dingin di rekening untuk dapat di investasikan….

Uang dingin disini menurut kitasipil adalah bukan uang yang didapat dari hasil utang sama bank dan lain-lain. Uang dingin sebaiknya didapat setelah kita mengurangkan total saldo di rekening dengan (saldo untuk pengeluaran bulan + saldo dana darurat).

Saldo dana darurat menurut kitasipil mungkin sekitar 5-6 kali kebutuhan bulanan.

Investasi umumnya dilakukan agar kita mendapat keuntungan di masa mendatang dari nilai rupiah yang telah kita investasikan.

Jika umumnya kita sering mendengar berbagai investasi yang sering ditawarkan seperti emas, properti, saham dan lain-lain… Akan tetapi kali ini kitasipil hanya membahas tentang investasi saham..

Inventasi saham mungkin salah satu yang paling menggiurkan karena memberikan keuntungan yang sangat besar. Tentunya yang harus kita ingat adalah “High Risk High Profit and Low Risk Low Profit

pengertian saham cara untung saham

Salah satu invetor saham terbaik dunia Warren Buffet dapat kita jadikan contoh sukses yang patut kita tiru, umumnya jika kita seorang karyawan yang tidak memiliki waktu banyak untuk membuka usaha maka investasi di saham dapat kita lakukan…

Jika dulu banyak masyarakat yang takut bermain saham karena efek menonton film a wolf of wallstreet, sebuah film yang diperankan oleh aktor ternama dunia Leonardo di Caprio.

Memang Investasi saham juga memiliki resiko yang tinggi, oleh karena itu sobat dapat memperlajari terlebih dahulu cara menganalisa saham, baik itu secara analisa teknikal dan juga analisa fundamental. Umumnya IDX di wilayah kota sobat sering mengadakan seminar terkait pemahaman di dunia saham dan juga perusahaan pialang saham juga sering membuat seminar terkait analisa saham..

Jadi jika sobat ingin terjun di bidang investasi saham segera pilih perusahaan broker saham yang terbaik. Jika untuk pertama belajar silakan mencoba investasi dengan nominal yang rendah, lalu sedikit demi sedikit dinaikkan berdasarkan kemampuan sobat dalam menganalisa saham sebuah perusahaan.

Saham yang dijual dipasaran memiliki satuan lot

Berati 1 lot = 100 lembar

Eits udah ngomong jauh-jauh tentang saham tetai kitasipil belum menjelaskan. Apaaan sihh saham itu…

Okedeh kitasipil kutip aja dari salah website, maklum mimin alumni teknik sipil hehhe…

Pengertian Saham


Saham adalah tanda penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas, yang mana dengan menyertakan modal tersebut, maka pihak tersebut memiliki klaim atas pendapatan perusahaan, klaim atas asset perusahaan, dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Widih berat banget ya penjelasannya…

Untuk lebih jelasnya sobat dapat menanyakan pada seminar saham yang sering diselenggarakan di kota sobat.

Buat yang bertanya gimna sihh, kita kok bisa dapat untung dari bermain saham???

Gini ya… 

Investasi saham adalah untuk mendatangkan keuntungan bagi pemilik atau pembelinya, dalam 2 jenis keuntungan berikut ini:

1. Capital Gain merupakan selisih antara harga beli dan harga jual. Capital gain didapat dari aktivitas perdagangan saham di pasar sekunder.

2. Dividen merupakan pembagian keuntungan yang diberikan perusahaan dan berasal dari keuntungan yang dihasilkan perusahaan.



Mungkin kitasipil akan memberi sedikit tips tentang memilih saham yang baik

Tips Investasi Saham dari Kitasipil 

1. Pahami saham perusahaan yang ingin dibeli

Sobat bisa menggukan beberapa aplikasi atau website untuk menganalisa saham perusahan seperti RTI business, investing, Stock dan lain-lain..

Sobat juga perlu membaca berita terkait keadaan perusahaan yang sahamnya akan kita beli dan kondisi ekonomi di Indonesia sendiri

2. Kumpul dengan komunitas saham

Jika memiliki suatu perkumpulan yang bergerak di bidang yang sama, kita akan dapat bertukar infomasi dengan mudah..

3. Beli saham blue chip
Jika tidak ada aral melintang, mungkin saham blue chip sangat menjanjikan..

Apa itu saham blue-ship

Saham blue-chip adalah saham dari perusahaan dengan kualitas terbaik yang dijual di bursa. Jenis saham ini dianggap paling aman dan menjanjikan stabilitas keuntungan.

4. Ikut seminar investasi saham

Ini juga merupakan hal penting untuk menghindari kita dari membeli saham gorengan. Disini kita diajari bagaimana menganalisa fundamental dan teknikal dari sebuah Perusahaan. Mencari ilmu baru dan terus mengupgrade kemampuan tentu merupakan hal baik kita kan…

5. Memiliki perusahan broker saham yang peduli dan bagus

Perusahan broker saham juga sebaiknya dipilih yang cepat, dan juga peduli jika ada nasabahnya yang memiliki kendala terkait penggunaan aplikasi untuk transaksi saham.. dan juga sering memberi edukasi dan informasi terbaru terkait dunia saham..

Demikian pembahasan kitasipil tentang investasi saham. Semoga bermanfaat…

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »