Yuk Simak Tips untuk Lolos Passing Grade pada Rekrutmen CPNS Tahun 2019 ini

Saturday, November 23, 2019

Yuk simak tips untuk lolos Passing Grade pada rekrutmen CPNS tahun 2019 ini


Buat sobat kitasipil yang ingin mengikuti rekrutment CPNS (Calon Pegaiwai Negeri Sipil) atau sekarang lebih dikenal dengan nama CASN (Calon Aparatur Sipil Negara) tahun 2019 sudah bisa mempersiapkan diri terkait materi atau soal yang akan diuji pada seleksi kali ini.

Mungkin jika dahulu untuk passing grade SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) masih merujuk pada pasal 3 Permen PANRB 37/2018, yaitu 75 untuk TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), 80 untuk TIU (Tes Intelegensi Umum), dan 143 untuk TKP (Tes Karakteristik Pribadi), tetapi kali ini Pemerintah telah menetapkan aturan baru mengenai passing grade untuk tes CPNS kali ini menggunakan Permen PANRB 24/2019 sehingga nilai passing grade/nilai ambang batas SKD CPNS 2019 menjadi:
  • 65 untuk TWK
  • 80 untuk TIU 
  • 126 untuk TKP 
tips lolos passing grade CPNS 2019


Berdasarkan pengamatan kitasipil pada rekrutmen CPNS tahun 2017 yang banyak membuat para peserta CPNS gugur terletak pada soal TWK (Tes Wawasan Kebangsaan). Sedangkan pada rekrutmen CPNS Tahun 2018 yang paling banyak membuat peserta gugur adalah TKP (Tes Karakteristik Pribadi).

Jika melihat nilai ambang batas rekrutmen CPNS yang diturunkan pada tahun 2019 ini, prediksi kitasipil pada tahun ini, kesulitan soal terberat akan terletak pada TWK dan TKP. Berikut tips untuk lolos Passing Grade rekrutmen CPNS tahun 2019:
  • Untuk TWK kemungkinan akan menggunakan materi soal yang sama dengan rekrutment CPNS 2017 yang berisi tentang materi sejarah Indonesia, UUD 1945, Pancasila dan Bahasa Indonesia. Materinya dapat dicatat agar mudah untuk diingat.
  • Untuk TKP prediksi kitasipil adalah tingkat kesulitan sama dengan dengan tes CPNS 2018 dan kemungkinan ada beberapa soal sulit yang berulang atau menggunakan bacaan yang cukup panjang sehingga membuat peserta membutuhkan energi ekstra untuk mencerna soal yang diberikan. Tipsnya jika waktu sudah tidak cukup lagi, langsung baca kunci jawaban, pilih jawaban terbaik
  • Untuk TIU sepertinya akan memiliki tingkat kesulitan yang sama dengan rekrutmen pada tahun 2017 dan 2018. Cukup pelajari tips dan trik cepat mengerjakan soal TIU seperti pada buku buku yang dijual di pasaran. 

Demikian pembahasan kitasipil mengenai tips dan trik untuk lulus passing grade/nilai ambang batas untuk rekrutmen CPNS kali ini. Semoga bermanfaat…

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »