Aplikasi Smartphone untuk Memonitor dan Mengecek Tingkat Stress. Yuk dicoba..

Monday, October 14, 2019

Aplikasi Smartphone untuk Memonitor dan Mengecek Tingkat Stress 

Dalam menjalankan aktivitas perkuliahan maupun pekerjaan terkadang kita tidak terlepas dari namanya stress. Hal ini bisa disebabkan bisa dari tugas yang mendekati deadline yang kian menumpuk. Oleh karena itu, kitasipil ini akan membahas mengenai aplikasi yang dapat digunakan untuk mengecek strees hanya dengan menggunakan smartphone android kamu.

Jika umumnya banyak artikel yang menjelaskan mengenai aplikasi untuk melawan stress akibat dunia kerja, akan tetapi kitasipil justru akan membahas aplikasi yang dapat mengecek tingkat stress yang sobat kitasipil alami dalam dunia kerja.

Aplikasi yang akan kita bahas untuk mengecek tingkat stress seseorang adalah StresScan. Aplikasi ini dapat sobat download di Playstore dan AppStore. Berdasarkan informasi yang kitasipil peroleh dari website Developer StressScan, aplikasi ini bekerja dengan meletakkan jari di atas kamera selama dua menit dan dengan lampu flash yang menyala otomatis  pada smartphone sobat. Jadi aplikasi ini tidak dapat bekerja pada hp yang tidak memiliki kamera dan flash.

aplikasi stresscan untuk mengetahui tingkat stress
StresScan App

Menurut aplikasi StresScan, sistem tubuh manusia dikendalikan melalui sistem saraf otonom, sehingga secara ilmiah apabila seseorang mengalami kelelahan akan menyebabkan ketidakteraturan. Oleh karena itu, teknologi yang dipakai oleh aplikasi StresScan adalah dengan menganalisa keseimbangan kinerja detak jantung dan penelitian sistem saraf otonom.

Aplikasi Stres Scan akan memberi tingkat indeks stress seseorang mulai dari range 1 hingga 100. Dan memeri tiga tingkat indeks stress dengan warna hijau, kuning, dan merah. Anda juga melihat tingkat indeks stres yang dihasilkan berdasarkan indikator pada kalender di aplikasi tersebut. Untuk mulai menggunakannya, sobat cukup mengklik di "Start Measurement" dan langsung mengikuti petunjuk untuk meletakkan jari di atas kamera hingga hasil pengecekan muncul di layar smarphone.

Berdasarkan penjelasan dari website StresScan, bahwa sudah banyak perusahaan dan institusi medis yang mulai menggunakannya. Teknologi ini diklaim awalnya digunakan untuk perawatan stres yang diadopsi oleh tentara AS utntuk terapi pasca perang.

Jadi mungkin kita tidak akan mendapat hasil yang pasti akurat untuk mengukur tingkat stres seseorang, tetapi tidak ada salahya untuk mencoba aplikasi Stres Scan ini.

Semoga postingan kitasipil kali ini tentang aplikasi untuk mengecek tingkat stress dapat bermanfaat bagi sobat kitasipil semua.. Terima kasih telah membaca….

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »