Yuk Cari Tau Pengertian Aspal, Tujuan Pemanasan Aspal dan Hubungan Viskositas Aspal dengan Temperature dan Workabilitas. Disini!!

Thursday, December 20, 2018


Mungkin kita sering melihat pemakaian aspal ketika melihat pengerjaan proyek jalan di lapangan ataupun saat melakukan pengujian aspal di laboratorium. Namun hal yang penting untuk diketahui tentang Apasih pengertian aspal yang sebenarnya, tujuan aspal tersebut dipanaskan dan bagaimana hubungan viskositas aspal (kekentalan aspal) dengan temperature (suhu) dan workabilitasnya. Simak penjelasannya selengkapnya di bawah ini...

jenis-jenis aspal
Penghamparan Aspal Hotmix


Hubungan Viskositas aspal (kekentalan aspal) dan suhu

Campuran beraspal panas (hotmix) adalah campuran dari agregat dan aspal yang dicampur, dihampar dan dipadatkan dalam keadaan panas.


Pengertian Aspal dan Tujuan Pemanasannya

Menurut Wikipedia, Aspal adalah bahan hidro karbon yang bersifat melekat (adhesive), berwarna hitam kecoklatan, tahan terhadap air, dan visoelastis. Aspal sering juga disebut bitumen merupakan bahan pengikat pada campuran beraspal yang dimanfaatkan sebagai lapis permukaan lapis perkerasan lentur. Aspal berasal dari alam atau dari pengolahan minyak bumi.

penggunaan aspal drum
Aspal Drum


Tujuan pemanasan aspal adalah untuk menurunkan kekentalan (viskositas) sehingga mudah untuk dicampur dengan material lain (workabilitas meningkat).

Hubungan viskositas aspal dengan temperature pemanasan.
- Jika temperature rendah, maka viskositas (kekentalan) aspal tinggi
- Jika temperature tinggi, maka viskositas (kekentalan) aspal rendah

Hubungan viskositas aspal dan workabilitas
- Jika viskositas aspal rendah maka workabilitas meningkat
- Jika viskositas aspal tinggi, maka workabilitas menurun


Temperatur pemanasan aspal harus dibatasi agar tidak mencapai titik nyala dan titik bakar.

Demikian penjelasan kitasipil mengenai pengertian aspal yang sebenarnya, tujuan aspal tersebut dipanaskan dan bagaimana hubungan viskositas aspal (kekentalan aspal) dengan temperature (suhu) dan workabilitasnya. Semoga bermanfaat,,,

Related Posts

Previous
Next Post »