Mengenal Fungsi Batu Kerikil Pada Rel Kereta Api

Posted on

Mungkin bagi kita yang pernah atau menggunakan kereta api, kita sering memperhatikan batu kerikil yang ada di rel kereta tersebut. Tapi mungkin masih ada sebagian dari kita yang masih belum emngetahui mengenai fungsinya. Oleh karena itu, kali ini kitasipil akan membahas mengenai apa sih guna batu kerikil di rel kereta.

Batu kerikil di rel kereta umumnya disebar di jalur bagian bawah, tengah, kiri dan kanan rel kereta, Eits, ternyata fungsi dari baru kerikil atau yang juga disebut sebagai “ballast” mempunyai fungsi yang sangat besar lho..

tahapan pembanguna rel kereta api di indonesia

Pengertian Ballast

Ballast merupakan bagian dari badan jalan kereta api tempat untuk meletakkan bantalan rel. Pada pembangunan rel kereta api harus disediakan lahan kosong yang telah ditinggikan dari muka air. Lalu dipadatkan menjadi tanah pondasi rel kereta tersebut dan di atas pondasi tersebut yang akan diletakkan batu kerikil secara merata. Selanjutnya akan diletakkan bantalan rel dan diberi lagi kerikil sekitar balok bantalan rel agar tidak bergeser, meskipun masih dapat bergerak.

Fungsi batu kerikil di rel kereta antara lain: 

1. Untuk menstabilkan dan meredam getaran pada rel kereta
Batu kerikil diletakkan di bawah bantalan dan ditambahkan lagi di sekitar balok membuat balok tidak bisa bergeser tapi tetap bisa bergerak. Hal ini dapat membuat bantalan menjadi lentur sehingga dapat meredam getaran yang cukup besar saat rel dilalui kereta yang besar dan berkecepatan tinggi sehingga tidak mudah mengalami kerusakan.

2. Mencegah tumbuhnya tanaman liar seperti rumput
Batu kerikil akan mencegah tumbuhnya rumput karena dia mencegah sinar matahari masuk ke dalam tanah sehingga tanaman akan sulit tumbuh karena memerlukan sinar matahari. Dan jikalau tanaman tumbuh di bawah tanah, maka sulit hidup karena ditekan oleh batu kerikil di atasnya. Tanaman rumput harus dicegah karena akan menyebabkan tanah menjadi gembur dan akan mudah terjadi erosi

3. Menahan dan Memperlancarkan air saat hujan
Batu kerikil dapat menahan dan memperlancar aliran air di saat hujan. Sehingga dapat mencegah terjadi pengikisan tanah atau erosi pada tanah di jalur rel kereta api.

Demikian pembahasan kitasipil mengenai fungsi batu kerikil pada rel kereta api. Semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *