Lulusan Teknik Sipil Fresh Graduated Layak Digaji Berapa???

Saturday, August 12, 2017

Buat yang baru lulus sebagai fresh graduated teknik sipil, mungkin kebanyakan masing bingung mau kerja dimana atau ada tawaran kerja dari perusahaan swasta tapi bingung masalah gaji yuk simak penjelasan dari kitasipil di bawah ini.

Memang sebagai fresh graduated, masalah yang sering terjadi adalah kurangnya pengalaman dalam dunia kerja. Buat kalian yang ingin melamar kerja ke perusahaan swasta, salah satu pertimbangan dalam rekrutment perusahaan swasta adalah pengalaman kerja, karena umumnya perusahaan swasta enggan untuk melatih atau mengajarkan kembali mengenai lingkup kerjaan kita. Lain halnya dengan jika kita melamar kerja untuk perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dan setelah diterima, maka hampir dipastikan mereka membeli pelatihan para calon karyawan/pegawai tetapnya.

syarat yang harus dimiliki fresh graduated teknik sipil

Pada perusahaan BUMN gaji telah ditetapkan sesuai jabatan kerja, sedangkan dalam dunia swasta yang menjadi penilaian terhadap gaji yang akan diberikan adalah skill dan pengalaman kerja yang baik pada perusahaan sebelumnya. Namun buat kita fresh graduated yang mendapat tawaran kerja dari perusahaan swasta, jangan asal menerima, jika pertimbangan hanya untuk mencari pengalaman kerja. Salah satu hal yang diperhatikan terkait gaji adalah upah minimum provinsi (UMP) di wilayah tersebut. Jika gaji yang ditawarkan jauh dibawah UMP, sobat sebaiknya pikir-pikir dulu, jika sobat menilai kemampuan atau skill yang sobat miliki dapat menarik perhatian dari perusahaan lain yang lebih baik dan professional.

Sebagai engineer, kita harus memiliki pengalaman kerja dalam jangka waktu tertentu untuk mendapat sertifikat keahlian yang akan menjadi pengakuan terhadap skill dan pengalaman kerja yang telah dimiliki. Yang terpenting sebagai engineer adalah terus mengupgrade kemampuan di bidang teknik sipil yang kita geluti. Jika kita memiliki keahlian yang mumpuni dan etika kerja yang baik, maka akan banyak tawaran kerja yang lebih baik yang akan datang dari berbagai perusahaan.

Meskipun sebagai engineer yang diharapkan bahwa kita telah mengerti berbagai seluk beluk dunia konstruksi. Namun jika ada hal yang belum kita mengerti, jangan ragu untuk bertanya kepada pada engineer yang lebih senior atau meminta pendapat tukang di lapangan. Milikilah yang kemampuan yang sangat dibutuhkan, dan tidak banyak orang bisa mengerjakannya. Hal itu akan menjadi nilai plus kita sebagai seorang civil engineer.

Demikian penjelasan Kitasipil mengenai gaji yang layak unuk lulusan teknik sipil. Semoga bermanfaat…

Related Posts

Previous
Next Post »