Profil Arsitek Wanita Ternama Dunia. Ir. Zaha Hadid

Wednesday, June 07, 2017

Bagi kita yang bercita-cita menjadi arsitek, sebaiknya kita mengenal sosok wanita ini. Dia adalah salah satu arsitek terbaik di dunia yaitu Dame Zaha Mohammad hadid, DBE atau yang lebih dikenal dengan Ir. Zaha Hadid. Beliau ini lahir pada tanggal 31 oktober 1950 di Baghdad, Irak dari pasangan muslim. Ayahnya yang seorang pengusaha kaya di Mosul, Irak dan ibunya seorang artis di Mosul, Irak.

perjalanan karir arsitek hebat dan karya-karya ir. zaha hadid

Bakat arsitek telah terlihat di dalam dirinya sejak masih kecil, saat itu dia merancang sendiri kamar tidurnnya menjadi sangat menarik, sehingga tukang bangunannya meniru artikel tersebut untuk diterapkan pada beberapa rumah orang lain yang suka dengan kamar Zaha Hadid.

Karir

Zaha hadid membangun awal karir dengan belajar matematika di Amerika University of Beirut, sebelum untuk memutuskan pindah ke Architectural Association School of Architecture, London pada tahun 1972. Beliau banyak menemukan inspirasi bentuk seni desain yang tidak konvensional.

Ketika sedang belajar Architectural Association di London, Zaha hadid bertemu dengan arsitek ternama lainnya Rem Koolhaas, Elia Zenghelis dan Bernard Tschumi. Dia bekerja untuk mantan profesornya, Koolhaas dan Zenghelis, di Office for Metropolitan Architecture, di Rotterdam, Belanda hingga 1977. Zaha Hadid berpindah kewarganegaraan menjadi Inggris Britania Raya dan mendirikan perusahaan arsitektur miliknya pada tahun 1980 di kota London.

Selain sebagai arsitek hebat, Ir. Zaha Hadid juga berkecimpung di dunia akademik dengan mengajar di Harvard Graduate School of Design, Chicago's School of Architecture, dan juga pada beberapa lembaga pendidikan lainnya.

Penghargaan

- Wanita pertama yang mendapat penghargaan Nobel Arsitektur Pritzker tahun 2004.
- Penghargaan Stirling Prize pada tahun 2010 dan 2011.
- Dia pun ditempatkan di urutan ke 69 dalam Forbes World's 100 Most Powerful Women List pada 2008.
- Dia juga masuk dalam daftar 100 orang pemikir paling berpengaruh pada 2010. .
- Terakhir pada Februari 2016, sebelum meninggal dia menjadi wanita pertama yang berhasil memenangkan piala emas di Royal Institute of British Architects (RIBA) yang merupakan penghargaan arsitektur paling bergengsi di Inggris

Ir. Zaha Hadid Tutup Usia


Seperti yang kita ketahui. Ir. Zaha hadid meninggal dunia pada hari jumat, 31 Maret 2016 di usia ke-66 tahun di Miami Hospital karena serangan jantung. Meski beliau telah meninggalkan dunia, namun karya arsitekturnya akan selalu dikenang. Oleh karena karyanya yang sangat menarik dan indah, banyak warga bahkan walikota London saat itu Boris Johnson, juga merasa kehilangan arsitek hebat tersebut. Banyak arsitek ternama dunia lainnya yang menyebutkan bahwa, seorang arsitek wanita yang sangat hebat dan luar biasa. Bahkan Google membuat Zaha Hadid Google Doodle pada tanggal 31 mei 2017 memperingati hari dimana Ir. Zaha Hadid menjadi Arsitek wanita dan muslim pertama yang meraih perhargaan yang sangat bergengsi dalam bidang arsitektur yaitu, Nober Pritzker Architecture Prize pada tahun 2004.

Ide Arsitektur

Karya arsitektur Ir. Zaha Hadid cenderung futuristic dan modern dengan garis lengkung yang menjadi landasan baru pada arsitektur modern.

Beberapa karya mengesankan dari Zaha Hadid di pameran interaktif Google Earth seperti Heydar Aliyev Center, Azerbaijan, Guangzhou Opera House, Guangzhou, Hungerburgbahn, Innsbruck, dan karya lainnya.

Untuk pembahas mengenai karya antara lain dan akan di bahas pada postingan artikel kitasipil yang lainnya mengenai karya-karya Ir. Zaha Hadid.

Demikian pembahasan Kitasipil mengenai profil arsitek ternama dunia Ir. Zaha Hadid. Semoga bermanfaat…

Related Posts

Previous
Next Post »