Pengaruh Bentuk Tubuh Yang Tidak Ideal Fresh Graduated Teknik Sipil Terhadap Kelulusan Tes Kesehatan Di BUMN Konstruksi

Monday, June 05, 2017

Kebanyakan fresh graduated civil engineer atau teknik sipil ingin berkarir di BUMN konstruksi atau perusahaan konstruksi ternama lainnya. Akan tetapi, untuk dapat diterima sebagai MT (management trainee) di perusahaan tersebut bukanlah hal yang mudah. Selain memiliki kemampuan akademis dan skill lainnya yang mumpuni, memiliki postur tubuh yang ideal juga sangat dibutuhkan. Pengalaman para kawan-kawan teknik sipil fresh graduated yang telah menjadi pegawai tetap di perusahaan konstruksi ternama di Indonesia membenarkan hal tersebut.

postur tubuh ideal civil engineer pengaruh terhadap lulus tes kesehatan

Para perusahaan BUMN konstruksi kini mencari sosok gesit, mampu bekerja dengan tim, dan dapat bekerja di bawah tekanan. Oleh karena itu, salah satu seminar recruitment dari perusahaan BUMN ternama seperti PLN (Perusahaan Listrik Negara) yang pernah admin ikuti telah membenarkan hal tersebut, bahwa bentuk tubuh ideal merupakan salah satu syarat saat tes kesehatan dilakukan. Umumnya persyaratan bentuk tubuh dari lulusan teknik yang dibutuhkan antara lain: memiliki lingkar pinggang < 90 cm atau tinggi badan dan berat badan ideal sesuai dengan perhitungan dokter.

Berbagai persiapan harus dilakukan oleh lulusan fresh graduated civil engineer atau jurusan teknik lainnya untuk diterima sebagai MT di perusahaan tersebut antara lain: persiapan kemampuan psikotes, TOEFL (Test Of English Foreign Language) dan yang akan kita bahas aspek kesehatan.

Kebanyakan engineer yang pintar akan gugur pada fase kesehatan pada tes masuk BUMN karena memiliki gaya hidup yang buruk sehingga mengabaikan faktor kesehatan. Sebelum mengikuti tes BUMN persiapkan kondisi fisik yang baik seperti berolahraga teratur, makan buah dan sayur, menurangi berat badan bagi kita yang bertubuh agak gemuk dan melakukan pemeriksaan kesehatan agar mengetahui kondisi tubuh kita.

Perusahaan swasta ternama juga menerapkan sistem rekruitmen yang baik, walau kebanyakan dari perusahaan tersebut lebih mencari sosok engineer yang telah berpengalaman dan berkompeten. Biasanya untuk perekrutan engineer yang telah berpengalaman akan lebih mudah dibanding lulusan fresh graduted engineer. Engineer pengalaman lebih dilihat dari track record (rekam jejak) saat ia bekerja pada perusahaan sebelumnya, sedangkan lulusan fresh graduated lebih dicari orang yang memiliki kemampuan dan memiliki keingin untuk terus berkembang.

Untuk mahasiswa yang masih kuliah di teknik sipil dan ingin bekerja di BUMN konstruksi atau perusahan BUMN lainnya. Sebaiknya mempersiapkan bentuk tubuh yang ideal dan memiliki kesehatan yang baik. Dan buat para civil engineer yang ingin menjadi pengusaha konstruksi juga sangat bermanfaat, karena akan membuka lapangan kerja bagi orang lain dan akan mengurangi pengangguran di negara ini.

Demikian pembahasan Kitasipil mengenai pengaruh postur tubuh yang tidak ideal terhadap tes kesehatan di BUMN konstruksi. Semoga bermanfaaat..

Related Posts

Previous
Next Post »