Tips Bekerja Di Bulan Puasa Bagi Pekerja Proyek Konstruksi

Wednesday, May 24, 2017

Bulan ramadhan merupakan bulan sangat mulia bagi umat islam di seluruh penjuru dunia dan menjalankan ibadah puasa ini merupakan kewajiban umat islam yang sesuai syarat untuk berpusa. Kita sebagai pekerja di bidang konstruksi yang beragama islam, tentunya juga diwajibkan berpuasa. Puasa merupakan ibadah yang melarang makan dan minum serta hal membatalkan lainnya mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

keutamaan bekerja sambil berpuasa di bulan ramadhan

Berpuasa sekaligus menjadi pekerja di proyek konstruksi, tentunya memiliki tantangan tersendiri. Hal ini karena bekerja sebagai pekerja proyek terkadang memiliki ritme kerja yang berat (berdasarkan pengalaman admin). Oleh karena itu, diperlukan suatu cara menjaga kondisi tubuh saat bekerja di bulan puasa.

illustrasi ritme kerja di berat di proyek konstruksi
Gambar Ilustrasi ritme pekerjaan di proyek konstruksi via wisegeek.com 

Berikut tips bekerja di bulan puasa bagi pekerja proyek konstruksi antara lain:
1. Sahur dengan Makan dan minum buah, sayur dan minuman elektrolit yang mencegah dehidrasi dalam bekerja

Pada bulan puasa usahakan untuk memakan sayur, buah dan meminum minuman yang mengandung elektrolit. Hal ini berguna untuk menambah stamina dan mencegah dari dehidrasi saat bekerja sambil berpuasa.

2. Bekerja untuk mencari nafkah di bulan Puasa merupakan ibadah, anggap saja ini puasa terakhir di tahun ini

Bulan ramadhan merupakan suatu bulan yang sangat mulia, dan sangat ditunggu oleh umat islam di seluruh dunia. Bila kita tidak ingin membatalkan puasa karena pekerjaan yang berat dan anda masih sanggup melakukan puasa. Ingat saja bahwa kita belum tentu bertemu bulan yang mulia ini di tahun berikutnya.

3. Bila ingin membatalkan puasa karena terlalu letih akibat bekerja terlalu berat. Bila belum mengerti cara membayar puasa di kemudian hari dapat ditanyakan ulama
 
Jika merasa pekerjaan terlalu berat, dan kita merasa terlalu letih dan mengharuskan kita membatalkan puasa. Bila kita belum mengerti tentang tata cara membayar puasa, dapat ditanyakan pada ulama di daerah kita.

4. Istirahat yang cukup di malam hari

Hal ini merupakan salah satu faktor yang cukup penting yaitu hindari begadang dan istirahat yang cukup di malam hari, karena hal itu akan membuat kita akan lebih segar dalam bekerja di esok harinya.

5. Bekerja sesuai prioritas

Sebaiknya dalam bekerja di proyek di bulan ramadhan, kita membuat daftar prioritas kerjaan dan hindari kegiatan yang tidak perlu.

6. Menyegerakan selesainya pekerjaan jauh sebelum waktu berbuka

Usahakan pekerjaan dapat selesai pekerjaan tidak mendekati waktu berbuka, agar kita dapat beristirahat yang menjaga kondisi tubuh.

7. Menjaga stamina dalam bekerja

Bekerja di pada proyek sangat membutuhkan kondisi stamina yang prima. Jika kita telah merasa letih, maka segera beristirahat dan lanjutkan ketika kondisi telah segar.

Yang terpenting, dalam bekerja mencari nafkah di bulan puasa selain karena ibadah, juga harus memiliki niat karena Allah.

Demikian pembahasan Kitasipil mengenai tips bekerja sambil berpuasa di bulan ramadhan bagi pekerja proyek konstruksi. Semoga bermanfaat..

Related Posts

Previous
Next Post »