Spesifikasi Laptop Yang Sesuai Dengan Pekerjaan Anak Teknik Sipil

Sunday, May 21, 2017

Kuliah dan kerja di bidang teknik sipil memang memiliki tantangan tersendiri, terutama di saat sedang mengerjakan tugas, software computer yang digunakan pun tidak hanya terkait Ms. Word, Ms. Excel, dan Ms. Power Point. Akan tetapi kita juga biasanya menggunakan software komputer untuk menggambar bangunan atau konstruksi lainnya, seperti software autocad, sketch up, dan juga aplikasi untuk menghitung struktur konstruksi bangunan seperti SAP 2000, Etabs, Primavera,  atau software pendukung lainnya seperti Adobe photoshop dan lain-lain. Hal tersebut tentu membutuhkan spesifikasi laptop atau komputer yang mumpuni. Jika laptop yang kita gunakan agak kurang mampu untuk menggunakan aplikasi tersebut akan membuat kita kehilangan banyak waktu dalam bekerja, karena laptop tiba-tiba jadi blank atau not responding.

spefikasi laptop berkualitas baik untuk anak teknik sipil
Gambar contoh laptop anak teknik sipil

Spesifikasi laptop biasanya juga berbanding lurus dengan harga dari laptop tersebut. Memilih spesifikasi laptop juga dapat disesuaikan dengan aplikasi yang sering kita gunakan. Jika kita jarang menggunakan aplikasi yang tersebut, sebaiknya aplikasi tersebut tidak perlu diinstal terlebih dahulu, karena hanya akan memperlambat kerja laptop.

Spesifikasi laptop yang baik biasanya sering dipakai oleh para gamermania, misalnya Dell Alienware, Asus ROG, dan setara lainnya. Akan tetapi, jika kita ingin memakai laptop yang bukan gen gaming. Kita dapat memilih laptop berdasarkan spesifikasi standar untuk dipakai oleh seorang anak teknik.

Berikut kriteria spesifikasi laptop yang bagus untuk anak teknik sipil antara lain:
1. RAM minimal 2 Gb
Memiliki laptop dengan RAM minimal 2 Gb akan membuat kinerja laptop menjadi lebih baik ketika menggunakan aplikasi komputer yang lumayan berat.

2. VGA minimal 1 Gb, sebaiknya Nvidia Gforce atau ATI Radeon
VGA sangat berpengaruh pada kualitas gambar dan video yang dihasilkan oleh laptop.

3. Spesifikasi processor minimal core i3 untuk Intel, untuk AMD dengan kualitas setara i3 atau lebih.
untuk kita anak teknik sipil yang sering menggunakan software multimedia memang sangat disarankan menggunakan laptop yang memiliki spesifikasi processor minimal core i3.

4. HDD Internal minimal 320 Gb
HDD Internal dengan kapasitas minimal 320 Gb dirasa sudah cukup baik untuk menyimpan data. Apabila memilih laptop yang HDD Internal yang kurang dari 320 Gb dapat menggunakan HDD Eksternal untuk menyimpan data tambahan.

5. Layar 14 Inchi.
Menggunakan layar 14 inchi dirasa sangat pas buat anak teknik sipil yang suka menggambar dan menghitung. laptop dengan ukuran layar 14 inchi akan membuat kita lebih mudah ketika membagi layar menjadi dua antara Autocad dan Ms. Office yang digunakan.

Hal yang kitasipil utarakan di atas hanya sekedar saran. Saran tersebut berdasarkan pengalaman yang kitasipil miliki. Jika sobat kitasipil berniat membeli produk yang memakai OS Window ataupun OS Mac sama saja. Namun memilih laptop Macintosh juga kitasipil rasa juga merupakan pilihan tepat, walaupun harganya cukup mahal, tentunya akan sesuai dengan branding dan kualitas yang ditawarkan.

Yang terakhir tinggal kita menyesuaikan pilihan dengan budget yang kita miliki. Semoga sedikit saran dari Kitasipil menjadi bermanfaat. Terima kasih..

Related Posts

Previous
Next Post »