Pentingnya Mempelajari Manajemen Proyek Bagi Seorang Insinyur Sipil

Tuesday, May 16, 2017

Kali ini Kitasipil akan membahas mengenai pentingnya mempelajari manajemen proyek bagi seorang insinyur sipil. Penjelasan selengkapnya di bawah ini.

target dari pelaksanaan manajemen proyek bagi insinyur sipil
Gambar illustrasi insinyur yang sedang menjelasakan tentang majemen proyek

Menjadi insinyur sipil yang mampu menangani proyek besar bukanlah hal yang mudah, diperlukan pengetahuan dan ilmu yang luas. Untuk mengelola sebuah proyek sangat tergantung dari kita sendiri. Apakah kita ingin bekerja dengan kemampuan yang setengah dalam mengelola proyek atau kita ingin bekerja dengan konsep manajemen proyek sehingga dapat bekerja dengan lebih efisien.

Manajemen proyek sangat menentukan target dari proyek yang dikerjakan seperti mutu, biaya, dan waktu. Konsep manajemen proyek juga akan membuat kita lebih mengerti dalam membuat keputusan dan bertindak. Seorang insinyur sipil yang ahli biasanya akan terus belajar untuk memahami manajemen proyek sehingga pekerjaan menjadi lebih efisien dan dapat memuaskan pelanggan dan klien.

Hal-hal umum yang harus dipelajari dari manajemen proyek antara lain adalah siklus proyek, indentifikasi masalah yang sering terjadi, biaya, ruang lingkup, sumber daya manusia, sumber daya peralatan, manajemen risiko, dan lain-lain. Setiap perusahaan umumnya memiliki tata cara dan prosedur kerja tersendiri, seorang engineer yang baik akan mempelajari prosedur dan riwayat pengalaman kerja yang baik untuk dapat diterapkan pada pekerjaan selanjutnya.

Mempelajari manajemen proyek juga akan menunjang pada peningkatan karir seorang manajer proyek. Setiap proyek memiliki variasi terhadap pengelolaan dari proyek itu sendiri, hal ini tergantung pada kemampuan dari manajer proyek dalam mengelola tim kerja dan menjaga hubungan dengan dengan pihak yang terkait. Menggunakan pengetahuan dan pengalaman yang kita miliki dan bertukar pikiran dengan tim kerja, dapat membantu meningkatkan kinerja dari sitem kerja yang telah kita buat. Pemahaman terhadap metologi yang akan kita kerjakan juga sangat diperlukan.

Demikian pembahasan Kitasipil mengenai pentingnya mempelajari manajemen proyek bagi seorang insinyur sipil. Semoga bermanfaat..

Related Posts

Previous
Next Post »