Penjelasan Dan Tips Memilih Floor Drain Berkualitas

Wednesday, May 03, 2017

Kali ini kita akan membahas mengenai penjelasan dan tips memilih floor drain. Penjelasan selengkapnya di bawah ini.

tips memilih floor drain yang baik dan berkualitasGambar salah satu jenis floor drain dengan merk TOTO TX1BV1 via kaskus.com

Setiap rumah pasti umumya memiliki floor drain, floor drain di Indonesia sering disebut dengan Avur atau saringan lantai. Floor drain memiliki peranan cukup penting terhadap sanitasi di rumah kita. Biasanya setiap rumah juga menggunakan lebih dari satu buah floor drain, apalagi jika pada apartemen dan gedung bertingkat lainnya yang memiliki ruangan toilet yang cukup banyak. Floor drain merupakan saringan pada lubang tempat masuknya air buangan dari kamar mandi/toilet ke dalam pipa saluran pembuangan. Ada berbagai merk floor drain berkualitas baik di pasaran seperti TOTO, American Standard atau minimal berkualitas setara lainnya. Floor drain umumnya terbuat dari stainlees steel atau besi dan ada juga bahan plastik PVC dan memiliki dua tingkat dan bola di dalamnya.

Untuk perawatannya floor drain cukup dibersihkan secara teratur agar sampai seperti rambut, palstik dan lain-lain yang kita buang di dalam kamar mandi tidak tersangkut di floor drain, sampah tersebut jangan di buang melalui saluran pembuangan karena dapat membuat saluran tersebut tersumbat. Agar fungsi floor drain menjadi optimal perlu dibuat kemiringan yang cukup agar air dapat mengalir dengan lancar ke floor drain.

Tips memilih floor drain atau avur yang baik antara lain:

1. Berdasarkan bentuk
Menurut Kitasipil, sebaiknya pilihlah floor drain yang berbentuk mangkokan karena floor drain jenis lebih kuat dan mudah dibersihkan, jika dibandingkan dengan floor drain yang berbentuk lembaran.

2. Mudah ketika dibuka dan ditutup
Floor drain yang mudah untuk dan ditutup akan memudahkan kita ketika akan melakukan pembersihan sampah yang tersaring

3. Berdasarkan ukuran lubang
Floor drain terdiri dari berbagai jenis ukuran lubang, namun Kitasipil menyarankan agar memilih floor drain yang memiliki lubang banyak dan berukuran kecil, agar sampah atau kotoran yang tersaring dengan baik.

4. Memiliki bola di dalamnya
Floor drain yang memiliki bola menurut Kitasipil sangat penting, apalagi jika kita memiliki tempat tinggal di daerah rawa. Jika rumah kita terletak di komplek yang banyak rawa-rawa yang merupakan habitat banyak hewan melata. Sehingga Kitasipil menyarankan untuk menggunakan floor drain jenis ini karena dapat mencegah masuknya dari saluran pipa pembuangan.

5. Menggunakan floor drain dengan dua tingkat
Floor drain dengan dua lapis akan memudah ketika menyaring sampah yang masuk ke floor drain jika tingakt pertama belum mapu menyaring kotoran, maka akan tersaring di penyaringan tingkat dua.

6. Menggunakan floor drain dengan kualitas baik dan kuat
Banyak tersedia floor drain berkualitas baik di pasaran. Floor drain yang berkualitas baik dan tahan lama akan memudahkan kita ketika melakukan perawatan dan menghemat biaya untuk mengganti dengan floor drain yang baru di kemudian hari. 

Demikianlah pembahasan Kitasipil mengenai penjelasan dan tips memilih floor drain. Semoga bermanfaat..

Related Posts

Previous
Next Post »