Cara Mengatasi Karat Pada Besi Tulangan Beton

Monday, May 22, 2017

Pada pekerjaan konstruksi umumnya pada pekerjaan struktural beton banyak digunakan besi sebagai tulangan betonnya. Kendala yang sering terjadi adalah jika proyek yang sedang dikerjakan berada pada wilayah dekat dengan pesisir pantai. Hal itu tentunya akan berdampak pada penyimpanan material besi di lapangan yang dikhawatirkan akan besi mudah berkarat. Begitu juga jika besi yang terpasang pada proyek kontruksi yang dilakukan secara bertahap. Tentunya besi tersebut apabila tidak dilakukan penanganan khusus, akan mudah berkarat saat dikerjakan pada proyek konstruksi tahap selanjutnya.

cara menghilangkan karat pada besi tulangan beton
Gambar karatan pada besi tulangan beton

Karat muncul dari oksidasi besi. Penyebabnya biasanya karena terjadi paparan terhadap air dalam waktu yang lama. Setiap logam yang mengandung zat besi, termasuk baja, akan mengikat atom oksigen yang terkandung di dalam air untuk membentuk lapisan oksida besi, atau karat. Karat akan terus bertambah sehingga mempercepat proses korosi, oleh sebab itu perlu untuk dilakukan pemeliharaan. Namun pada dasarnya menghapus karat bukanlah pekerjaan rumit. Kebetulan dari pengalaman admin pernah mengalaminya saat kami mengerjakan proyek konstruksi merupakan lanjutan proyek tahap konstruksi dari proyek sebelumnya. Dan ternyata banyak baja tulangan yang belum dicor yang mengalami telah korosi atau berkarat. Lalu dari hasil koordinasi pihak SATKER (Satuan Kerja), PPK (Pejabat Pembuat Komitmen), dan Core team melakukan rapat terkait metode yang akan dipilih untuk mengatasi karat pada tulangan tersebut. Dan Inilah yang menjadi topik pembahasan kitasipil kali ini.

Berikut beberapa cara mengatasi karat atau korosi pada besi tulangan antara lain:
1. Menggunakan gerinda listrik yang telah diganti kepalanya wire brush

cara menggunakan gerinda kawat brush
Gambar alat gerinda kawat

Untuk melakukan metode ini diperlukan gerindra listrik yang telah diganti kepalanya dengan sikat kawat baja. Cara kerja alat ini cukup tekan dan arahkan pada permukaan yang telah berkarat hingga karat tersebut terlepas dan rontok. Alat ini biasanya dijual di toko-toko bangunan dan peralatan konstruksi yang terdekat di kota anda.

2.  Menggunakan produk bahan kimia yang dijual di pasaran

cara menggunakan pembersih karat besi baja yang baik
Gambar contoh produk rust remover

Kini telah banyak tersedia produk bahan pembersih karat bersih yang dijual di pasaran. Pada kemasan produk juga telah ditulis tentang petunjuk pemakainnya. Jika kita masih ragu tentang produk yang dijual, kita dapat mendatangi gudang bahan bangunan yang menyimpan besi yang terletak tidak jauh dari pinggir untuk ditanyakan bagaimana mereka menjaga besi di gudang mereka agar tidak berkarat. Bila belum mengerti kita dapat meminta petunjuk dari ahli yang lebih berpengalaman.

Biasanya penggunaannya menggunakan larutan bahan kimia yang kita semprotkan pada permukaan besi yang berkarat. Diamkan semalaman, lalu pemukaan besi yang berkarat digosok hingga bersih dari karatan.

3. Menggunakan soda dan cuka
proses pembersihan karat dengan soda cuka
Gambar contoh mengatasi karat besi menggunakan soda atau cuka

Soda dan cuka juga sering digunakan pada alat-alat rumah tangga yang berkarat. Hal ini tentunya dapat dipakai juga pada saat kita mengatasi karatan pada besi tulangan. Penggunaannya biasa dengan menyiram atau menyemprot atau merendam dengan cuka atau soda semalaman, dan digosok hingga bersih pada esok harinya.

4. Menggunakan amplas 
produk amplas elektrik yang berkualitas baik
Gambar alat amplas elektrik

harga amplas terbaru cara menggunakan amplas
Gambar amplas secara manual

Penggunaan metode ini biasanya setelah dilakukan pembersihan dengan metode lainnya, ternyata masih tersisa karatan yang melekat pada permukaan besi. Metode dapat dikerjakan secara manual dengan memegang amplas dengan tangan lalu menggosoknya ke permukaan besi atau dengan menggunakan amplas listrik yang membuat pekerjaan lebih mudah.

Dalam pengerjaan pembersihan karat ada hal yang harus kita perhatikan yaitu tentang faktor keamanan saat melakukan kegiatan tersebut. Sebaiknya kita menggunakan masker, kacamata, sarung tangan dan alat pelindung diri lainnya agar tidak terjadi gangguan kesehatan pada tubuh kita.

Demikian penjelasan Kitasipil tentang cara mengatasai karat pada besi tulangan. Semoga bermanfaat..

Related Posts

Previous
Next Post »