Hal-Hal Positif Yang Harus Dimiliki Manajer Proyek Konstruksi

Monday, April 17, 2017

Hay Sobat Kitasipil, kali ini kita akan membahas tentang hal-hal positif yang harus dimiliki manager proyek. Penjelasan selengkapnya di bawah ini.

hal hal positif manager proyek konstruksi
Gambar contoh manager proyek konstruksi

Kesukseksan suatu kontraktor dalam mengerjakan suatu proyek konstruksi tidak terlepas dari peran seorang manajer proyek. Manajer proyek adalah salah satu kunci untuk melaksanakan kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait. Manajer proyek dituntut harus dapat memenuhi indikator keberhasilan suatu proyek, baik itu mutu, biaya, dan waktu pelaksanaan. Seorang manajer proyek dalam memimpin timnya dibutuhkan jiwa kepemimpinan yang baik. Apalagi bisnis konstruksi biasanya melibatkan tenaga kerja yang banyak. Jadi, pembahasan Kitasipil kali ini ingin membahas tentang hal-hal positif yang harus dimiliki manager proyek. 

Berikut ini beberapa hal positif yang harus dimiliki manajer proyek versi Kitasipil:

1. Mampu memecahkan masalah

manajer proyek konstruksi harus mampu memecahkan masalah

Seorang manajer proyek dituntut dapat mengatasi masalah maupun kendala yang terjadi di dalam proyek. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan pengalaman yang luas, sehingga dapat mengambil keputusan dengan cermat.

2. Memiliki jiwa kepemimpinan yang baik

kepemimpinan yang baik akan mudah mencapai keberhasilan proyek

Hampir semua manajer di dalam bisnis apapun harus memiliki kemampuan ini. Memiliki jiwa kepemimpinan yang baik akan mempengaruhi timnya agar dapat bekerja lebih efektif, sehingga mudah tercapainya keberhasilan proyek.

3. Dapat dipercaya

dapat dipercaya akan membangun komunikasi yang baik

Manajer proyek yang dapat dipercaya akan memudahkan dalam berhubungan dengan anggota timnya.

4. Dapat bernegoisiasi

negosiasi akan memudahkan tercapai sesuatu kesepakatan

Dalam mengatasi kendala suatu proyek, manajer proyek diharapkan dapat bernegoisiasi dengan pihak terkait, agar mudah tercapai kesepakatan bersama.

5. Dapat berkomunikasi dengan baik

komunikasi berguna untuk memberi arahan kepada anggota kerja

Berkomunikasi dengan baik penting bagi suatu manajer proyek, karena memudahkan dalam memberi arah kerja kepada anggota timnya.


6. Dapat diandalkan

dapat diandalkan memberi solusi untuk mengatasi masalah

Dalam menghadapi kendala-kendala pelaksanaan proyek konstruksi, manajer proyek harus dapat diandalkan oleh anggota timnya untuk memberi solusi yang berguna untuk menyelasaikan masalah tersebut.

7. Pemahaman mengenai teknis proyek yang memadai

pemahaman teknik yang baik dapat menjadi tempat bertanya

Selain kemampuan manajerial seorang manajer proyek juga harus memiliki kemampuan tentang teknis proyek yang baik, manajer proyek diharapkan dapat menjadi tempat bertanya dan berdiskusi mengenai teknis proyek.

Demikianlah pembahasan Kitasipil mengenai hal-hal positif yang harus dimiliki manager proyek. Semoga bermanfaat..

Related Posts

Previous
Next Post »