Mengenal Rekayasa Lapangan (Field Engineering)

Posted on
Kali ini kitasipil akan membahas mengenai rekayasa lapangan dalam proyek konstruksi.  Penjelasannya selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Rekayasa Lapangan

Rekayasa lapangan (Field Engineering) adalah suatu kegiatan untuk mencari kesesuaian antara rancangan asli yang ditunjunkkan dalam gambar dengan kebutuhan aktual lapangan. Kegiatan ini terdiri dari survei lapangan dan analisis data lapangan. Penyedia jasa harus menyediakan tenaga ahli yang mampu melaksanakan kegiatan rekayasa lapangan tersebut.
pengukuran ulang rekayasa jalanGambar pengukuran ulang lebar jalan
Pada awal pelaksanaan pekerjaan, personil tersebut harus disertakan dalam pelaksanaan suatu survei lapangan yang lengkap dan menyiapkan laporan hasil survei lapangan untuk menentukan kondisi fisik dan struktur perkerasan lama dan fasilitas drainase yang bersangkutan. Dengan demikian akan memungkinkan Direksi Pekerjaan melaksanakan revisi minor dan menyelesaikan serta menerbitkan detil pelaksanaan sebelum kegiatan pelaksanaan dimulai. Selanjutnya personil tersebut harus disertakan dalam dalam pematokan (staking out) dan survei seluruh kegiatan, investigasi dan pengujian bahan tanah dan campuran aspal, and rekayasa serta penggambaran untuk menyimpan Dokumen Rekaman Kegiatan.
Selama 30 hari pertama sejak periode mobilisasi, Penyedia jasa harus menyerahkan personil tekniknya untuk melakukan survey lapangan dan membuat laporan tentang kondisi fisik dan struktur dari perkerasan, drainase selokan, gorong-gorong, jembatan.
Pekerjaan survei lapangan ini harus mencakup inventarisasi geometrik yang meliputi : lebar perkerasan, kondisi permukaan, jenis lapis permukaan, detil bahu jalan; radius tikungan, lereng melintang (superelevasi di tikungan), dan kelandaian.
Pelaporan gambar potongan memanjang yang lengkap sepanjang dari tiap tepi jalan haruslah dalam bentuk baku yang diterima oleh direksi pekerjaan dan juga harus diserahkan kepada direksi pekerjaan dalam jumlah satu asli dan tiga salinan sebagai bagian dari seluruh laporan survei penyedia jasa.
Demikian penjelasan Kitasipil mengenai rekayasa lapangan (field engineering). Semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *