Mengenal Bond Breaker Pada Perkerasan Beton Semen

Monday, March 27, 2017

Kali ini Kitasipil akan membahas mengenai Bond Breaker (Plastik) pada pekerjaan perkerasan beton semen. Untuk penjelasan lengkapnya dapat silahkan disimak di bawah ini.

pemasangan bond breaker di lapangan
Gambar pemasangan bond breaker di proyek konstruksi jalan beton

Penjelasan mengenai bond breaker adalah sebagai berikut:

1. Bond Breaker adalah bahan atau material yang berguna untuk menghindari terjadinya kelekatan atau friksi antara lapisan pondasi bawah dengan pelat beton, friksi antara sealant dan sambungan sehingga dapat menerima beban secara merata yg dipikul oleh pelat untuk diteruskan ke pondasi bawah, dan beban yang diterima merata sampai pondasi bawah akan meminimalisir keretakan yang terjadi di pelat beton.

2. Pada kasus lain, bond breaker digunakan apabila pada suatu jalan sudah terjadi keretakan, sebelum bertambah parah dilapisi oleh overlay baru dan bond breaker berfungsi sebagai pemisah antara overlay lama (eksisting) supaya tidak menjalar ke overlay baru.

3. Bond breaker umumnya terbuat dari bahan plastik tipis. Pada pemasangan plastik harus dihindari adanya rongga udara dibawah plastik yang akan menyebabkan sambungan yang tidak merata.

Demikian penjelasan Kitasipil mengenai bond breaker. Semoga bermanfaat..

Related Posts

Previous
Next Post »