Mengenal Sambungan Siar Muai (Expansion Joint) Tipe Asphaltic Plug

Posted on

Memang seperti yang kita ketahui, Expantion Joint memiliki beberapa jenis, salah satunya tipe Asphatig Plug. Kali ini Kitasipil hanya membahas mengenai type tersebut.

expantion join asphatic plus detil
Gambar detil expantion joint tipe asphatic plug

Sambungan siar muai di Indonesia telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Pelaksana sering mengalami kesulitan saat mengerjakan expansion joint di lapangan. Dalam melaksanakannya sangat diperlukan ketrampilan dan pengalaman untuk memasangnya. Kendala yang dijumpai biasanya dikarenakan kurangnya bahan-baku dan sumber-daya manusia yang memadai, serta sulitnya mengemas material agregat yang memenuhi syarat dan kompleksnya metode kerja yang dibuat.

Sering kita melihat pada jembatan baru maupun jembatan lama, sambungan siar muai tidak mencapai umur yang direncanakan dan terjadi kerusakan seperti lepas-lepas pada bagian-bagian tertentu sehingga akan mengurangi kenyamanan pengguna jalan.

Atas dasar tersebut, sambungan siar muai sekarang ini mengalami peralihan ke suatu metoda siar muai yang lebih praktis untuk jembatan yaitu jenis asphaltic plug. Jenis ini merupakan jenis siar muai dengan material yang berbasis aspal yang berfungsi untuk mengisi celah dari dua bidang konstruksi yang bergerak.

Bahan dibutuhkan harus terbuat dari karet elastomer khusus, aspal anti oksidasi, anti streeping dan bahan aditif lainnya agar menghasilkan material yang memiliki sifat ulet, tangguh, elastic, fleksibel, daya lekat tinggi, tahan air dan tahan oksidasi. Sehingga struktur jembatan akan memenuhi kriteria kekuatan, keamanan, kenyamanan dan ketahanan.

Jenis struktur siar muai bergantung pada jenis pergerakan struktur yang disambungkan dan sesuai gambar rencana. Siar muai jenis Aspaltic Plug mampu menahan pergerakan struktur secara longitudinal, transversal dan rotasi. Bahan Aspaltic Plug juga mampu menahan fleksibel, menahan air, tahan terhadap cuaca, dan dapat menahan beban dinamis kendaraan dapat memberikan kenyamanan kepada penguna jalan. Ketebalan siar muai jenis ini sangat tergantung ukuran celah sambungan dan besarnya pergerakan dengan tebal minimum 50 mm dan lebar minimum terisi oleh bahan aspaltic 300 mm. Siar muai jenis ini termasuk jenis siar muai type tertutup, siar muai lainya ialah siar muai type NJ Joint.

Bahan sambungan siar muai type Asphatic Plug, terdiri dari rubberised bitumen binder, single size agregate ,dan plat baja. Bitumen binder merupakan campuran dari bitumen, polymer, filler dan surface active agent. Plat baja yang digunakan sebagai dasar sambungan siar muai jenis ini harus dapat menahan dampak pemuaian akibat panas yang ditimbulkan oleh bitumen binder pada saat pelaksanaan dan mempunyai tebal dan lebar yang sesuai dengan ukuran celah sambungan.

Metode Pemasangan Sambungan Siar Muai Tipe Asphatic Plug

a. pemotongan lapisan aspal dan pembongkaran

teknik memotong aspal untuk sambungan siar muai
Gambar pemotongan lapisan aspal dan pembongkaran via aspalbinder.blogspot.co.id

Aspal yang akan dipotong diberi garis dengan menggunakan kapur. Pemotongan dilakukan dengan alat cutter concrete yang memiliki mata pisau yang sangat tajam. Pelaksanaan pemotongan dan pembongkaran lapisan aspal harus dilakukan minimal selebar desain rencana. Untuk proses pembongkaran dilakukan dengan menggunakan alat jack hammer.

Setelah dilaksanakan pemotongan dan pembongkaran bagian tersebut harus dibersihkan dari kotoran dan sisa-sisa aspal. Pembersihan dilakukan dari debu dan kotoran-kotoran dimaksudkan agar aspal bitumen dapat menempel pada sisi-sisi lapis permukaan lama sehingga membuat ikatan atara aspal lama dengan aspal baru menjadi sangat kuat dan juga lentur sehingga dapat menerima beban yang bekerja secara bersamaan.

b. Pemasangan Tali dan Plat Baja

pekerjaan pemasangan plat baja untuk sambungan siar muai
Gambar pemasangan tali dan plat baja via aspalbinder.blogspot.co.id

Setelah sambungan yang dibongkar dalam kondisi siap, maka pada bagian celah dalam 30 mm dari bagian dasar dimasukkan tali tambang. Lapisi seluruh sisi yang dibongkar dengan menggunakan aspal bitumen yang berfungsi sebagai pengikat antara bagian aspal lama dengan aspal baru. Pasangkan baja dalam kondisi datar tidak ada beda tinggi antara sisi-sisinya ini dimaksudkan agar pada saat menerima beban dari atas plat baja tidak bergerak yang menyebabkan siar muai retak.

c. Pemasangan Agregat

pemanasan agregat untuk mengerjakan asphatic plug
Gambar pemanasan agregat via aspalbinder.blogspot.co.id

Agregat sebelum digelar harus dipanaskan terlebih dahulu sampai suhu 200 derajat dengan alat pemanas tertentu (indirect heating) dimana suhu dapat terkendali dengan baik dan dapat menghasilkan panas yang merata pada seluruh agregat. Penghamparan lapis pertama setebal 40 mm yang kemudian dicor dengan aspal karet yang sudah dipanaskan dengan cara indirect heating sampai suhu 200 derajat agar aspal karet tersebut dapat berpenetrasi kedalam semua rongga antar agregat.

Proses ini diulangi untuk ketebalan selanjutnya, sampai elevasi yang ditentukan. Setelah penghamparan agregat selesai selanjutnya dipadatkan dengan menggunakan alat compector sampai agregat saling mengunci dan padat.

d. Penghamparan Aspal Bitumen

metode expantion joint tipe asphatic plug
Gambar penghamparan aspal bitumen via aspalbinder.blogspot.co.id

Setelah semua agregat padan selanjutnya cor kembali dengan aspal bitumen yang berfungsi sebagai waterproofing agar air tidak masuk kedalam bagian agregat.

Penyebab Kerusakan  Jalan

Kerusakan yang terjadi pada siar muai umumnya disebabkan karena beban tonase kendaraan yang lewat melebihi kapasitas yang diizinkan, mungkin juga disebabkan oleh kondisi bearing pad yang mati sehingga jembatan menjadi struktur jepit jepit (seharusnya jepit dan rol), dan proses yang pelaksanaan yang tidak sempurna yang menyebabkan air masuk kedalam siar muai. Proses pekerjaan siar muai tidak boleh dilakukan pada kondisi hujan karna dapat menurunkan temperatur suhu aspal bitumen harus tetap terjaga dengan kondisi suhu yang panas.

Demikian pembahasan Kitasipil mengenai expantion joint tipe asphatic plug. Semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *