Pengen Tahu Cara Membuat Bujur Sangkar Ajaib. Silakah Simak Penjelasannya Disini

Tuesday, July 10, 2018
Postingan kali akan membahas sudut lain dari ilmu matematika.

Ilmu matematika cukup telihat seram bagi sebagian orang, tetapi juga merupakan sesuatu hal menyenangkan bagi banyak orang. 

Bagi yang menyukai matematika, menyelesaikan sesuatu permasalahan soal yang menggunakan matematika merupakan sebuah tantangan yang ingin dipecahkan. 

Pembahasan mengenai matematika kali ini tidak akan terlihat rumit seperti integral, logaritma dan lain-lainnya. Namun hanya menggunakan pola tertentu untuk menghasilkan jawabannya. Jadi langsung ke pembahasannya aja ya... 

Jadi disini kita disuruh mengisi dan menyusun persegi 3x3 (9 kotak) seperti gambar (a) dengan angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 dengan penggunaan angka yang berbeda di setiap kotaknya sehingga menghasilkan jumlah 15 pada setiap baris dan kolomnya baik dijumlahkan secara horizontal, vertikan maupun diagonal. 

Nilai 15 didapat dari rumus konstanta ajaib yaitu :
Rumus konstanta ajaib = [n x (n x n + 1)] / 2

n = jumlah baris atau kolom pada bujur sangkar ajaib.
Jika bujur sangkar ajaib berbentuk 3x3  maka perhitungannnya sebagai berikut :
  • Jumlah = [3 x (3 x 3 +1)] / 2 
  • Jumlah = [3 x (9 + 1)] / 2 
  • Jumlah = (3 x 10) / 2 
  • Jumlah = 30 / 2 = 15
Jadi nilai yang harus dihasilkan dari setiap penjumlahan baris dan kolom adalah 15.

bujur sangkar ajaib ganjil genap
Gambar (a)

Buat para master matematika, ini bukan berniat menggurui akan tetapi hanya sekedar sharing informasi kepada yang belum mengetahui bujur sangkar ajaib ini.

Selamat mencoba mengerjakan...
Jika yang masih salah keliru jawabannya.
Silakan lihat salah satu penyusunan jawabannya pada gambar (b) di bawah ini...

bujur sangkar ajaib ganjil kitasipil
Gambar (b)


Buat yang belum bagaimana membuat bujur sangkar ajaib seperti di atas dapat melihat petunjuk pada gambar (c) dan tahapan pengerjaannya di bawah ini.

Cara membuat bujur sangkar ajaib
Gambar (c)

Cara membuat bujur sangkar ajaib 3 x 3: 

Tahap 1 :
- Mulai dari angka 1 pada kolom tengah pada baris pertama seperti tahap 1 pada gambar (c)

Tahap 2 :
- Setelah penempatan angka 1 lalu dilanjutkan dengan angka 2 yaitu dengan melakukan pemindahan dengan serong kanan dari kotak pada 1 menuju kotak bantu. Selanjutnya pindahkan angka ke kotak berlawanan sisi terjauhnya seperti gambar (c). 

Tahap 3 :
- Setelah penempatan angka 2 lalu dilanjutkan dengan angka 3 dengan melakukan pemindahan dengan melakukan serong kanan dari kotak pada 2 menuju kotak bantu.. Selanjutnya pindahkan angka ke kotak berlawanan sisi terjauhnya seperti gambar (c). 

Tahap 4 :
- Setelah penempatan angka 3 lalu dilanjutkan dengan angka 4 dengan melakukan pemindahan dengan melakukan serong kanan dari kotak pada 4. Namun apabila kotak serong kanan dari angka 3 telah terdapat angka di dalamnya, maka selanjutnya harus dipindahkan ke kotak dibawahnya seperti gambar (c). 

Tahap 5 :
- Setelah penempatan angka 4 lalu dilanjutkan dengan angka 5 dengan melakukan pemindahan dengan melakukan serong kanan dari kotak pada 4 seperti gambar (c). 

Tahap 6 :
- Setelah penempatan angka 5 lalu dilanjutkan dengan angka 6 dengan melakukan pemindahan dengan melakukan serong kanan dari kotak pada 5 seperti gambar (c). 

Tahap 7 :
- Setelah penempatan angka 6 lalu dilanjutkan dengan angka 7 dengan melakukan pemindahan dengan melakukan serong kanan dari kotak pada 6. Namun apabila tidak terdapat kotak setelah serong kanan dari angka 6, maka selanjutnya harus dipindahkan ke kotak dibawahnya. seperti gambar (c).

Tahap 8 :
- Setelah penempatan angka 7 lalu dilanjutkan dengan angka 8 dengan melakukan pemindahan dengan melakukan serong kanan dari kotak pada 7 menuju kotak bantu.. Selanjutnya pindahkan angka ke kotak berlawanan sisi terjauhnya seperti gambar (c). 

Tahap 9 :
- Setelah penempatan angka 8 lalu dilanjutkan dengan angka 9 dengan melakukan pemindahan dengan melakukan serong kanan dari kotak pada 8 menuju kotak bantu. Selanjutnya pindahkan angka ke kotak berlawanan sisi terjauhnya seperti gambar (c). 

Cara membuat bujur sangkar ajaib ini hanya bujur sangkar dengan jumlah ganjil, jika untuk jumlah semoga ada pembahas berikutnya di lain waktu. 

Buat yang pengen latihan membuat bujur sangkar ajaib 5 x 5 dapat dicoba seperti langkah di atas. Jawabannya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

gambar bujur sangkar ajaib
Gambar (d)

Setiap penjumlah baris dan kolom baik vertikal, horizontal dan diagonal dari gambar (d) harus menghasilkan nilai 65.

Demikian pembahasan kitasipil mengenai cara membuat bujur sangkar ajaib ganjil. Semoga bermanfaat...

Related Posts

Previous
Next Post »