Buat Anak Teknik, Coba Deh Cara ini Untuk Mengatasi Rasa Penat Akibat Beban Kuliah Maupun Pekerjaan

Wednesday, July 04, 2018

Menjalani hiruk pikuk sebagai seorang mahasiswa teknik memang terbilang cukup berat dan dibarengi tugas yang banyak sehingga kamu menjadi penat. Belajar memang suatu yang sangat penting. Akan tetapi, kita juga perlu untuk meluangkan waktu hobi dan kesenangan di luar kuliah. Begitu juga sebaliknya, banyak juga yang sering bermalas-malasan dalam menjalani perkuliahan. Oleh karena itu, Sebaiknya anak teknik harus menemukan trik khusus untuk mengatasi rasa penat dan rasa malas dalam perkuliahan demi meraih kesuksesanmu kelak.

Satu yang tidak boleh kita lupakan, bahwa kita adalah manusia bukan robot, jika sebuah robot saja perlu di-cas ulang kembali, begitu juga kita seorang manusia. Mengalami rasa penat dan malas merupakan satu hal yang lumrah bagi seorang manusia. Jadi kamu perlu merefresh pikiran dan tubuhmu untuk kembali ke kondisi yang prima. Dan inilah yang akan menjadi pembahasan kitasipil kali ini dan tidak ada salahnya jika dicoba.. Yuk simak caranya di bawah ini. 

Berikut Cara Mengatasi Rasa Penat Akibat Lelah Bekerja atau Ketika Kuliah

1. Jangan lupa beribadah 

mesjid nuansa alam yang indah

Beribadah itu penting lho, karena itu merupakan tugas kita sebagai seorang hamba kepada Tuhan Yang Maha Esa. Jika kamu seorang muslim, Coba deh kamu beribadah di mesjid yang berbeda dengan suasana lingkungan yang berbeda. Hal tersebut mungkin dalam mengembalikan mood dalam menjalankan aktivitas perkuliahan maupun pekerjaan.

2. Carilah tempat liburan atau tempat nongkrong yang membuat kamu senang dan nyaman

tempat liburan santai ke luar negeri


Jika kamu mempunyai waktu luang dan dan yang cukup, coba deh kamu berlibur ke tempat yang memiliki pemadangan indah atau cukup nongkrong di tempat yang nyaman dan bisa membuat kamu tenang sejenak, bahkan bisa membuat kamu untuk nyaman belajar disitu. Hampir seluruh wilayah di Indonesia kini telah memiliki pemandangan yang indah dan layak untuk kamu kunjungi.

3. Tidur cukup setiap harinya 

beristirahat tidur

Sebagian orang masih banyak memakai sistem SKS atau (Sistem Kebut Semalam) ketika bekerja maupun menyelesaikan tugas, karena sifat kita yang sering menunda tugas atau pekerjaan sehingga harus begadang semalam suntuk untuk mengerjakan tugas yang sebenarnya telah diberikan jauh-jauh hari. Hal ini perlu kita hindari agar kondisi tubuh tidak menjadi drop bahkan dapat jatuh sakit. Jika tugas tersebut dapat kita kerjakan segera kenapa harus menunda-nunda. Ingat! Tubuh perlu istirahat yang cukup sehingga pikiran menjadi fresh dan sehingga siap menjalani aktivitas dan rutinitas harian yang berat.

4. Coba sempatkan waktu untuk berolahraga 

oalahraga sport joging

Di tengah jadwal padat, kamu juga patut untuk menyempatkan diri untuk berolahraga. Selain membuat tubuh menjadi sehat, berolahraga juga dapat membuat pikiran kembali fresh lho.

5. Mendengarkan musik atau bahkan berkaraoke 

gadget perlekanpan musik

Sebagian dari kita banyak menjadikan musik sebagai bagian dari gaya hidup. Contohnya playlist di gadget kita yang berisi musik yang kita sukai. Ini dapat menjadi terapi untuk menghilang penat dan stress akibat lelah dalam bekerja. Sebagian orang bahkan bisa menyelesaikan tugas sambil mendengarkan musik dan bnyak juga dapat bermain alat musik. Apakah sobat termasuk salah satunya...

Buat sobat kitasipil yang suka bernyanyi, berkaraoke ria bersama kawan-kawan kuliah atau teman kantor juga dapat mengatasi keletihan pikiran akibat bekerja. Berkaraoke bersama akan membuat pertukaran energi positif yang membuat tubuh dan pikiran sobat menjadi fresh dan fit kembali.

6. Ketika kembali bekerja, jauhi sejenak gadget-gadgetmu 

pekerjaan teknik

Salah satu hal yang perlu dihindari ketika bekerja atau belajar adalah menggunakan gadget. Gadget dapat menjadi hambatan besar ketika kita sedang belajar maupun bekerja, karena akan berakibat  kita kehilangan fokus. Hal-hal yang di hp mu contohnya yang sering merusak konsentrasimu seperti game dan social media. Kini ada baiknya kamu menjauhkan sejenak gadget dari jangkauan ketika sedang bertugas atau pun belajar.

Demikian pembahasan kitasipil mengenai cara mengatasi rasa penat ketika kuliah maupun bekerja. Semoga bermanfaat,..

Related Posts

Previous
Next Post »