KITASIPIL.COM

Apa Itu Ilmu Teknik Sipil, Bagamana Sejarahnya Dan Cabang-Cabang Ilmu Teknik Sipil


Teknik sipil itu apa sih?? Mungkin sebagian teman, atau kerabat dari kita masih banyak yang belum ngerti teknik sipil itu apa. Jika kita merupakan mahasiswa maupun lulusan teknik sipil ini, tentu wajib mengetahui hal ini. Pertanyaan seperti ini juga sering ditanyakan pada wawancara kerja. Penjelasan lengkap mengenai teknik sipil akan lengkap di bawah ini.

teknik sipil adalah
Ilmu Teknik sipil merupakan ilmu yang mempelajar tentang teknik bagaimana merancang, membangun, merehab, bangunan seperti gedung, jalan, irigasi dan berbagai proyek infrastruktur lainnya. Tetapi tidak hanya itu, dalam ilmu teknik sipil juga dipelajari ilmu lingkungan dan ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan orang banyak.

Jika di kampus admin jurusan teknik sipil merupakan salah satu jurusan yang paling diminati oleh para calon mahasiswa baru. Sebagai seorang anak teknik sipil sudah sepantasnya kita mengetahui sedikit sejarah mengenai ilmu teknik sipil ini.

Sebenar cukup sulit mengurai awal ilmu teknik sipil ditemukan, karena seperti yang kita ketahui banyak bangunan peninggalan kuno yang diperkirakan telah berusia ribuan tahun,. Hal ini menunjukkan profesi dalam bidang teknik sipil telah berkembang sangat lama. Sebagai contoh kita bisa melihat bangunan yang sudah sangat tua yang terletak di Mesir kuno dan Mesopotamia seperti Pyramid Raja Djoser di Saqqara, tepatnya di Necropoli yang telah telah berusia lebih dari 4000 tahun atau 2000 SM. Menurut sejarahnya sih patung tersebut dibangun oleh seorang Engineer yang bernama Imhotep. Imhotep membanguan pyramid tersebut dengan bantuan alat-alat sederhana dan matematika, Salah satu karya terbesarnya adalah rekayasa penemuan seni bangunan dengan batu berbentuk. Bangunan Pyramid menunjukkan, bahwa zaman dahulu bangunan megah dan kokoh telah mampu dibangun.

Profesi Teknik Sipil Menurut Sejarah

Dahulu profesi engineer diiperuntuk untuk para mliter untuk membangun pertahananm benteng, pos-pos militer, jalan, jembatan, bangunan pendukung untuk kegiatan perperangan. Dan ketika perang berakhir para engineer kembali ditugaskan untuk membangun kota luluh lantak akibat perperangan, dan menata kota untuk kehidupan bersama. Seiring jalannya waktu, profesi civil engineer atau teknik sipil mulai terpisah dari militer.


Istilah Civil Engineer awalnya mulai dikenal oleh John Smeaton, seorang warga kebangsaan Inggris yang telah banyak membangun karya struktur bangunan seperti Eddystone Lighthouse yang dibangun tahun 1756.

Berdasarkan sejarah kuno abad pertengahan, desain konstruksi dan arsitektur juga dilakukan oleh seniman, baik itu tukang batu, tukang kayu, dan lain-lainnya. Pendekatan ilmu fisika dan matematika dalam ilmu teknik sipil yaitu prinsip Archimedes pada abad 3 SM. Dan Brahmagupta yaitu seorang matematikawan India yang menggunakan aritmatika pada abad 7 untuk melakukan penggalian volume perhitungan.

Berikut cabang-cabang ilmu teknik sipil antara lain adalah:

1. Struktur

Struktur adalah cabang ilmu teknik sipil yang mempelajari masalah struktural konstruksi digunakanpada bangunan. Dengan mempelajari bidang ini kita lebih dapat mendalami cara perencanaan struktur suatu pekerjaan konstruksi dengan lebih mendalam.

2. Geoteknik

Geoteknik adalah cabang ilmu dalam teknik sipil yang mempelajari struktur tanah, sifat, jenis tanah, yang digunakan sebagai material konstruksi maupun tanah yang berfungsi untuk menopang suatu bangunan di atasnya. Dalam bidang geoteknik kita lebih mempelajari yang merupakan penyelidikan keadaan-keadaan tanah di lapangan dan penyelidikan laboratorium yang berguna sebagai bahan pedoman perencanaan konstruksi suatu bangunan.

3. Hidrologi

Hidrologi adalah cabang ilmu dalam teknik sipil yang mempelajari air, konstruksi bangunan air. Pada bidang hidrologi kita lebih mempelajari pronsip hidrolika dan perencanaan bangunan air dengan lebih baik.

4. Transportasi

Transportasi adalah cabang ilmu teknik sipil yang mempelajari tentang pengaturan sistem transportasi. Pada bidang transportasi ini antara lain konstruksi jalan raya, pengaturan lalu lintas, konstruksi bandar udara, terminal, stasiun dan yang berkaitan dengan manajemen transportasi.

5. Manajemen Konstruksi

Manajemen Konstruksi adalah cabang ilmu teknik sipil yang mempelajari prinsip manajemen pada proyek konstruksi seperti biaya pekerjaan, penjadwalan pekerjaan, pengembalian modal, biaya proyek, administrasi dalam pekerjaan di lapangan dengan tujuan tercapai pekerjaan yang tepat waktu.

6. Ilmu Lingkungan

Teknik Lingkungan adalah ilmu yang mengatur Air. Baik itu air bersih, air Limba, pencemaran sungai, dan sebagainya.

7. Informatika Bidang Teknik Sipil

Informatika Teknik Sipil adalah cabang ilmu teknik sipil terbaru yang mempelajari penerapan teknologi komputer untuk perhitungan dan pemodelan sebuah pekerjaan konstruksi maupun untuk penelitian bangunan. Pada bidang ini diharapkan memahami pemodelan struktur bangunan (struktural dan material atau CAD / Computer Aided Design), pemodelan lingkungan dengan Teknologi GIS (Geographic Information System), pemodelan pergerakan air tanah atau limbah.

Demikian penjelasan Kitasipil mengenai pengertian teknik sipil, sejarah ilmu teknik sipil dan cabang-cabang ilmu teknik sipil. Semoga bermanfaat….

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Friday, 14 July 2017 at 23:46:00 GMT+7 delete

Sangat bermanfaat dan membuka wawasan sy pada dunia teknik sipil ini gan

Reply
avatar

Jangan melakukan spam dan terima kasih ConversionConversion EmoticonEmoticon