KITASIPIL.COM

10 Software Yang Paling Sering Digunakan Dalam Bidang Teknik Sipil Dan Arsitektur


Di dalam dunia teknik sipil dan arsitektur yang bergelut pada bidang konstruksi. Tentu tidak terlepas dari peran software penunjang dalam kerja. Software tersebut dapat mempermudah pekerjaan dan menghemat waktu untuk mendesain, menghitung struktur konstruksi, dan yang terkait manajemen proyek di lapangan.

Software tersebut tersedia dapat dibeli pada toko CD software atau dapat dibeli secara online melaui situs-situs resmi pembuat aplikasi tersebut. Buat kita yang belum tahu mengenai software yang sering digunakan dalam industry konstruksi maupun yang sering digunakan oleh para civil engineer maupun para arsitek. Kali ini kitasipil akan menjelaskan mengenai software tersebut.

Berikut Software yang paling sering digunakan oleh para arsitek dan insinyur sipil antara lain:
1. Autocad

Autocad logo adalah sebuah software

AutoCAD adalah software desain yang paling sering digunakan oleh para civil engineer maupun arsitek diseluruh dunia. Autocad sering digunakan untuk menggambar 2 dimensi maupun 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk.

Autocad juga memudahkan untuk pekerjaan desain interior, mesin, arsitek, dan berbagai profesi lainnya, sehingga tidak perlu diherankan jika software ini menadi salah satu software desain paling popular di kalangannya.

2. Microsoft Excel
microsoft excel logo adalah

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi dalam Microsoft office yang berupa lembar kerja spreadsheet. Program ini berfungsi untuk mengolah data dalam bentu perhitungan ataupun grafik. Program ini merupakan program spreadsheet yang paling popular digunakan saat ini. Software ini dapat dijalankan pada Microsoft Windows maupun Mac OS.

3. Google Sketch Up

logo google sketch up dalam dunia konstruksi
Aplikasi Google SketchUp ini juga sangat sering digunakan oleh para insinyur sipil maupun arsitek. Google Sketch Up adalah sebuah software buatan google yang berfungsi sebagai desain grafis yang mudah dan sederhana dibandingkan dengan software lain sejenisnya. Kita dapat menggambar dan melakukan permodelan 3D tools yang cepat dan praktis terlebih jika ditambah aplikasi plugin vray, sejenis software rendering yang paling populer sekarang, hasilnya dapat menjadi lebih baik.

4. SAP 2000
aplikasi  yang sering digunakan dalam dunia konstruksi SAP 2000
SAP 2000 merupakan suatu program yang dipergunakan untuk menganalisis dan mendesain struktur. Software ini dibuat oleh Prof. Edward L. Wilson dari University of California at Berkeley, US pada tahun 1970, Lalu dikembangkan untuk komersial oleh perusahaan Computer & structure, Inc. pada tahun 1975. SAP 2000 sangat membantu dalam mempercepat proses analisis desain, perhitungan analisis struktur statik / dinamik, saat melakukan desain penampang beton bertulang maupun struktur baja, SAP2000 juga menyediakan metode interface (antarmuka) yang secara grafis mudah digunakan dalam proses penyelesaian analisis struktur.

5. Etabs
penggunaan ETABS pada konstruksi bangunan

Etabs merupakan software desain konstruksi yang sangat popular dikalangan para insinyur sipil. Soft ware ini dibuat oleh CSI Berkeley yang baik dalam permodelan struktur, analisis desain dan lain-lain. Etabs mengubah perhitungan manual yang begitu rumit menjadi lebih mudah dan cepat dengan menggunakan aplikasi ini.

6. Primavera Project Planner
logo primavera project planner

Primavera Project Planner application adalah software yang biasa digunakan untuk perencanaan penjadwalan suatu project. Program ini banyak digunakan oleh project planner, project control, scheduler, project manager, estimator, dan lain-lain untuk merencanakan jadwal kegiatan proyek, jadwal penggunaan material, jadwal penggunaan peralatan, dan jadwal penggunaan tenaga kerja, dan banyak kegiatan yang memiliki hubungan ketergantungan yang beragam yang dapat menyulitkan pelakasanaan pekerjaan di lapangan. Hal tersebut dapat diatasi dengan tools yang tersedia pada aplikasi Primavera Project Planning ini.

7. Microsoft Project

pengertian microsoft project logo adalah

Microsoft Project merupakan software yang berfungsi sama Primavera Project Planning yang dapat digunakan untuk membuat rancangan proyek dan melakukan fungsi manajemen dalam proyek tersebut. Microsoft project dapat digunakan untuk mengatur proyek agar lebih efektif dan efisien. Software ini juga mempunyai tools yang mengolah data proyek menjadi dengan lebih cepat dan akurat dan membuat network planning ataupun kurva-s dengan lebih mudah.

8. 3DS Max

pengertian 3DS Max

3D Studio Max (3ds Max) adalah sebuah software yang sering digunakan untuk program modelling, rendering, animasi. Software ini dikembangkan oleh perusahaan Autodesk. Aplikasi sering digunakan untuk mepresentasikan karya desain arsitektur maupun desain lainnya dengan lebih realistik dan menarik. 3DS Max juga mempunyai kelengkapan fitur dibanding aplikasi sejenisnya/

9. Plaxis
logo plaxis untuk geoteknik

Plaxis adalah program pemodelan dan postprocessing metode elemen hingga yang mampu melakukan analisa masalah-masalah geoteknik dalam perencanaan sipil yang mendekati perilaku tanah sebenarnya.

10. ArchiCAD

penggunaan software archicad

ArchiCAD adalah sebuah software yang representasi desain baik secara 2D atau 3D di layar. Gambar Desain 2D dapat dapat diekspor menjadi 3D setiap saat. ArchiCAD dikembangkan oleh perusahaan Hongaria yang bernama Graphisoft. ArchiCAD juga dapat mengimpor dan ekspor DWG, DXF IFC dan file SketchUp.

Demikian penjelasan Kitasipil mengenai 10 Software yang paling sering digunakan dalam dunia arsitektur dan teknik sipil. Semoga bermanfaat..



Previous
Next Post »

Jangan melakukan spam dan terima kasih ConversionConversion EmoticonEmoticon