KITASIPIL.COM

Mengenal Pengertian Dan Fungsi Shear Connector Girder Jembatan


Salah satu item suatu proyek jembatan adalah girder atau gelagar, suatu girder dirancang sesuai dengan syarat atau dengan standar yang berlaku seperti AASTHO 5 2010 atau RSNI T-02-2005 yang biasa digunakan untuk perencanaan jembatan.

fungsi shear connector girder jembatan

Girder sangat berpengaruh terhadap struktur kekuatan jembatan, oleh karena itu sangat perlu diperhatikan terkait teknik perencanaan dan pemasangannya di lapangan.

Setelah dilakukan pemasangan gelagar/girder jembatan diperlukan teknik untuk mengkoneksi gelagar dengan struktur plat lantai di atasnya dengan menggunakan “shear connector”.

Shear connector girder jembatan adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan girder dan tulangan plat lantai beton jembatan untuk menahan gerakan beban dan dipasang gelagar melintang sehingga terbentuk aksi komposit jembatan.

Umumnya perencanaan jembatan dilakukan penentuan data teknis jembatan, permodelan struktur dan perancangan akhir untuk mendapat kapasitas kekuatan jembatan.

Perencanaan jarak dan dimensi shear connector gelagar jembatan biasanya direncanakan oleh seorang yang ahli di bidang struktur jembatan sebelum diproduksi menggunakan standar perencanaan jembatan yang umum digunakan.

Pada pekerjaan pemasangan bekisting dan pembesian, selanjutnya akan dilanjutkan dengan dilakukan pengecoran.

Perencanaan konstruksi jembatan yang baik akan memperoleh desain yang lebih efisien dan ekonomis.

Jembatan yang memiliki struktur yang baik akan lebih tahan lama dan aman saat menahan beban lalu lintas diatasnya.

Demikian pembahasan kitasipil mengenai Shear Connector Girder Jembatan. Semoga bermanfaat…

Previous
Next Post »

Jangan melakukan spam dan terima kasih ConversionConversion EmoticonEmoticon