16 Bangunan Dengan Gaya Arsitektur Paling Menakjubkan Karya Ir. Zaha Hadid - KITASIPIL.COM

KITASIPIL.COM

16 Bangunan Dengan Gaya Arsitektur Paling Menakjubkan Karya Ir. Zaha Hadid


Dan jika pada postingan sebelumnya kita membahas tentang profil dan perjalanan karir seorang Zaha Hadid. Zaha Hadid (Irak-Inggris) ini memiliki karya arsitektur yang sangat fenomenal dan menakjubkan. Wanita yang dijuluki “Queen of the curve” dan peraih juga nobel pritzker architecture pada tahun 2004 ini telah tutup usia dan meninggalkan beberapa mahakarya arsitektur yang akan dibahas di bawah ini.

Berikut beberapa karya arsitektur terbaik dunia dari Ir. Zaha hadid yang akan selalu dikenang antara lain:

1. Dongdaemun Design Plaza (DDP) Seoul, South Korea

Bangunan paling wajib dikunjungi saat ke korea selatan dongdaemun design plaza DDP

Dongdaemun Design Plaza (DDP) merupakan salah satu tempat yang paling popular di Korean selatan, tepatnya di kota Seoul. Bangunan yang dirancang oleh Ir. Zaha Hadid ini pernah mendapat peringkat 52 untuk tempat layak kunjungi di dunia oleh New York Times pada tahun 2015. Bangunan Dongdaemun Design Plaza menampilkan struktur yang modern dan futuristic serta menunjukkan sisi lengkungan yang indah dan menawan yang mepakan cirri khas dari gaya arsitek seorang Zaha hadid. Bangunan ini mulai dibangun pada tahun 2009 dan diresmikan pada tanggal 21 Maret 2014. Bangunan terdiri dari terdiri dari lima ruang: Balai Seni, Museum, Lab Desain, Pasar Desain, dan Taman Sejarah dan Budaya Dongdaemun.

Bangunnan Dongdaemun Design Plaza (DDP) juga menjadi Landmark Korea Selatan dan menjadi salah satu objek wisata yang paling diincar oleh para turis yang berkunjung ke Korea Selatan.

2. Galaxy Soho, Beijing, China

bangunan yang wajib dikunjungi saat ke beijing china galaxy soho

Bangunan Galaxy Soho yang kini menjadi Landmark baru kota Beijing, China. Bangunan ini terdiri dari gedung perkantoran, ruko, dan pusat hiburan. Untuk akses transportasi Galaxy Soho pun sangat luar biasa, karena berada pada pusat transportasi Dongzhimen yang memiliki berbagai rute bus serta jalur kereta bawah tanah 2 dan 6, dan mudah dijangkau ke jaringan jalan raya dan ring road. Area komersial bawah tanah Galaxy SOHO terhubung ke pintu masuk kereta bawah tanah dan di luarnya menyediakan kondisi yang superior untuk arus lalu lintas pejalan kaki sehari-hari.

3. Heydar Aliyev Centre, Baku, Azerbaijan

bangunan paling wajib dikunjungi di baku azerbaijan heydar aliyev center sejarah

Bangunan Heydar Aliyev Centre merupakan bangunan kebudayaan dengan luas 57.500 m2 yang teletak di kota Baku, Azerbaijan. Bangunan Heydar Aliyev diambil dari nama pemimpin Azerbaijan Soviet dari tahun 1969 sampai 1982, dan juga meupakan presiden Republik Azerbaijan dari bulan Oktober 1993 sampai Oktober 2003. Desain Bangunan ini meupakan hasil kompetisi yang dimenangkan oleh Ir. Zaha hadid pada tahun 2007 dan diresmikan pada 10 mei 2012 oleh Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev.

Bangunan yang memiliki desain struktur fleksibel ini melambangkan optimisme dan harapan agar Negara Azerbaijan meninggalkan gaya pemerintahan komunisme yang kaku di masa lampau. Bangunan ini juga diharapkan memberi peran integral dalam kehidupan intelektual kota. Pada tahun 2014 Heydar Aliyev Centre Design of Design of the Year Award.

4. The Riverside Museum, Glasgow, Skotlandia

bangunan paling keren dan menarik di dunia glasgow skotlandia riverside museum skotlandia

Bangunan The Riverside Museum ini merupakan museum yang menjadi ikon kota Glasgow, Skotlandia. Atap bangunan inu yang berkelok-kelok menunjukkan kesan dinamis pada musem transportasi tersebut, atap tersebut tampak serasi dengan arus air sungai di tepi utaranya yaitu Sungai Clyde. Bangunan Riverside Museum ini oleh Arsitek Zaha Hadid bersama Insinyur Buro Happold yang selesai dibangun pada 20 Juni 2011 dan pada tanggal 18 Mei 2013, Riverside museum ini dinobatkan sebagai Pemenang European Museum of the Year Award. Bangunan ini juga menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi di Skotlandia.

5. Pierresvives, Montpellier, France

bangunan terindah dan terkeren pierresvives montpellier france prancis

Di kota Montpellier, tidak asing dengan pembangunan perkotaan. Salah satu bangunan ternama di kota Montpellier, France adalah Pierresvives. Pierresvives terdiri dari perpustakaan, perpustakaan arsip dan tempat berolahraga dalam satu mahakarya, sehingga dijuluki sebagai "Kota pengetahuan dan olahraga,". Zaha Hadid mendesain bangunan tersebut, setelah memenangkan kompetisinya pada tahun 2002.

6. Guangzhou Opera House, Guangzhou, China

salah satu bangunan dengan arsitektur terbaik guangzhou opera house paling menakjubkan dan wajib dikunjungi saat ke china

Bangunan Guangzhou Opera House merupakan tempat pertunjukkan teater terbesar di China. Bangunan ini mulai dibangun pada tahun 2005 dan diresmikan pada bulan mei 2010. Guangzhou Opera House juga sering mengadakan pertujuakan opera dan teater sepanjang tahun. Bangunan yang dibangun Ir. Zaha Hadid ini memiliki struktur yang unik yaitu granit dan kaca yang melapisi bingkai baja. Bangunan diharapkan menggambarkan sejarah, ambisi serta optimisme Guangzhou di masa depan.

7. Hungerburgbahn, Innsbruck, Austria 

bangunan yang wajib dikunjungi saat ke austria hungerburgbahn innsbruck austria paling keren

Hungerburgbahn adalah kereta api elok yang digerakkan oleh kabel di berada di Innsbruck, Austria yang dirancang oleh arsitek Zaha Hadid, yang menghubungkan kawasan kota Hungerburg dengan pusat kota. Bangunan ini bergaya arsitektur bangunan ini mirip jamur dan es berenamel dan memiliki empat stasiun.

8. London Aquatics Centre, London, England

bangunan olimpiade london 2012 terbaik london aquatic centre

London Aquatics Centre merupakan suatu fasilitas indoor yang menjadi salah satu tempat utama pada Olimpiade London 2012 dan Paraolimpiade Musim Panas London 2012. Bangunan ini memiliki arsitektur dengan melengkung atap melengkung yang merupakan cirri khas dari arsiteknya yaitu Ir. Zaha Hadid. London Aquatics Centre terletak di Taman Olimpiade di Stratford di London timur ini bentuknya terinspirasi dari air yang bergerak. Fasilitas London Aquatics Centre meliputi olahraga renang dan diving. London Aquatics Centre pada Juli 2008 dan selesai pada Juli 2011.

9. Vitra Fire Station, Weil am Rhein, Germany

bangunan yang wajib dikunjungi di jerman vitra fire station

Proyek Vitra Fire Station disebut sebagai awal penanda kecermelangan karir Ir. Zaha Hadid sebagai seorang arsitek hebat dunia. Pada tahun 1981 terjadi kebakaran yang menhancurkan Kampus Desain Vitra, lalu perusahaan tersebut mencari sosok yang mampu membangun sebuah Vitra Fire Station (stasium pemadam kebakaran) dan ditunjuklah Ir. Zaha hadid untuk menangani proyek tersebut. Proyek tersebut selesai pada tahun 1993 dan melambungkan nama Zaha Hadid karena dia berhasil menciptakan dekonstruktivisme dan struktur penting dalam karir seorang arsitek.

10. Maxxi Museo Roma, Italy

bangunan seni dan arsitektur terbaik di roma italia maxxi museo karya ir zaha hadid

Maxxi Museo merupakan suatu museum seni kontemporer dan arsitektur. Oleh karena itu, terdiri dari dua museum: "MAXXI art" dan "MAXXI architecture".  Selain dua museum tersebut, MAXXI juga dilengkapi dengan auditorium, perpustakaan dan perpustakaan media untuk seni dan arsitektur, toko buku, kafetaria, bar/restoran, galeri, pertunjukan, dan kegiatan pendidikan tersendiri. Maxxi Musoe dibangun pada tahun 2000 dan membutuhkan waktu 10 tahun untuk menyesaikannya. Bangunan yang diarsiteki Zaha Hadid ini menjadi mahakarya sesuai untuk melengkapi keajaiban kuno Roma. Dan pada tahun 2010, Maxxi Museo mendapat perhargaan The Royal Institute of British Architect (RIBA) 2010 Stirling Prize dalam bidang arsitekturnya.

11. Ordrupgaard Extension, Kopenhagen, Denmark

bangunan dengan gaya arsitektur paling menarik di kopenhagen denmark ordrupgaard

Ordrupgaard Extension merupakan sebuah museum diperluas dan diperbaiki dari segi kondisi ruang dan aspek landskepnya. Ordrupgaard baru kini mampu menghadirkan pameran khusus untuk tingkat international. Bangunan yang dirancang oleh arsitek Zaha Hadid diresmikan pada tanggal 30 Agustus 2015. Segi arsitekturnya sangat menawan dengan mengunakan bentuk dekonstruktural dan organik.

12. Phaeno Science Centre, Wolfsburg, Germany

bangunan yang wajib dikunjungi saat ke wolfburg germany jerma phaeno science center

The Phaeno Science Center adalah pusat sains interaktif yang memiliki desain menyerupai gunung es yang dibuat beton, baja, kaca sehingga menjadi sangat menawan dan monumental. Bangunan ini dirancang oleh ir, Zaha Hadid setelah memenang kompetisi desain arsitektur bangunan ini pada Januari 2000, bangunan ini dibuka untuk umum pada tanggal 24 November 2005. Desainnya memenangkan Penghargaan RIBA Eropa 2006 dan juga Institusi Struktural Engineers Award 2006 untuk Struktur Seni, Hiburan dan Hiburan.

13. Antwerp Port House, Belgium

bangunan pelabuhan paling keren modern dan futuristik antwerp port house baru belgium belgia karya arsitek ir zaha hadid

Bangunan Antwerp Port House merupakan kantor pusat Antwerp Port Authority. Bangunan tersebut ingin direnovasi dan] Zaha Hadid ditantang untuk membangun Port House baru yang sesuai dengan permintaan otoritas pelabuhan yaitu menggabungkan pelayanan teknis dan administrative dalam satu lokasi agar kerjasama internal menjadi lebih efisien. Bangunan baru ini kini melambangkan sisi dinamis, andal, ambisius, dan inovatif dengan gaya struktur potongan kaca yang indah dipandang mata dan sangat modern.

14. Bergisel Ski Jump Tower, Innsbruck, Austria

permainan wisata unik Bergisel Ski Jump Tower, Innsbruck, Austria karya ir zaha hadid

Pada proyek Bergisel Ski Jump Tower, Zaha Hadid menggabungkan kebutuhan olahraga ski dan kebutuhan akan wisata unik. Kompetisi desain bangunan Bergisel Ski Jump Tower tersebut dimenangkan Zaha Hadid pada Desember 1999.

Bergisel ski jump tower memiliki dua lift, satu pengujung dan satu pemain ski. Bangunan tersebut juga memiliki tingkat sebagai berikut yaitu, tingkat 1 adalah area awal dengan platform jumping. Di tingkat 2, panorama restoran "Café im Turm", setinggi 40 meter di puncak gunung. Di tingkat ketiga, akses ke teras panorama. Pada tingkat yang lebih rendah -1 dan -2 adalah ruang teknis, gudang, staf kantor dan area persiapan untuk jumper.

15. Stadium Al-Wakrah, Qatar

desain stadion olahraga paling fenomenal stadion al-wakrah qatar karya ir zaha hadid

Stadion Al-wakrah yang merupakan salah satu stadion yang dibangun untuk Piala Dunia 2022 di Qatar ini sempat menuai kontroversi dai banyak orang, karena bentuknya yang menyerupai vagina, namun Zaha Hadid menjelaskan bahwa bentuk stadion Al-Wakrah tersebut terispirasi dari sebuah layar kapal Arab Kuno yaitu perahu Dhow.

16. Library and Learning Center, University of Economics Vienna, Austria

bangunan perpustakaan dengan gaya arsitektur terbaik di dunia Library and Learning Center, University of Economics Vienna, Austria karya ir zaha hadid peraih pritzker architecture

The new Library and Learning Centre (Perpustakaan dan Pusat Pembelajaran yang baru) milik Universitas Ekonomi Vienna Austria merupakan karya dari Ir. Zaha Hadid yang memiliki bagian struktur kantilever, The new Library and Learning Centre ini memetakan bangunan dalam beberapa tingkat yang berbeda. Struktur eksterior bangunan yang lurus akan berbeda ketika kita masuk ke dalam akan menjadi bentuk lengkungan yang bebas pada interiornya.

Demikian penjelasan Kitasipil karya arsitektur dari seorang arsitek ternama dunia Ir. Zaha Hadid. Semoga terinspirasi dan bermanfaat..

Previous
Next Post »

Jangan melakukan spam dan terima kasih ConversionConversion EmoticonEmoticon