Sering Ke Dermaga/Pelabuhan, Yuk Kenali Apa Itu Fender - KITASIPIL.COM

KITASIPIL.COM

Sering Ke Dermaga/Pelabuhan, Yuk Kenali Apa Itu Fender


Banyak proyek konstruksi yang saat ini sering dijadikan tempat wisata maupun tempat melepas penat, salah satunya adalah dermaga. Dermaga merupakan tempat berlabuhnya kapal. Dermaga/pelabuhan memiliki item wajib untuk konstruksi dermaga, salah satunya adalah fender. Fender merupakan suatu bahan yang digunakan sebagai "bumper" ketika terjadi benturan atau gesekan antara kapal dan dermaga atau dengan kapal yang lain saat akan berlabuh. Fender juga berfungsi untuk menyerap energi kinetik dari kapal saat berlabuh ke dermaga. Adakalanya meski kita sering ke dermaga, mungkin buat kita yang tidak memiliki background engineer, fender hanya terlihat ataupun jarang diperhatikan. Namun sebenarnya fender cukup memiliki peran penting dalam menjaga konstruksi dermaga. Fender ada juga yang dipasang langsung pada kapal untuk mengantisipasi terjadi berlabuh secarat darurat dan juga mencegah terjadi benturan antar kapal saat berlabuh seperi karet ban bekas dan jenis fender lainnya.

jenis fender karet dan cara memasangnya
Gambar fender karet di dermaga

Fender terbuat dari berbagai tipe dan jenis fender. Hal ini biasanya tergantung dari ukuran, berat, struktur kapal dan serta kondisi pasang surut pada kolam pelabuhan dan dermaga. Sedangkan untuk ukuran fender yang digunakan tergantung pada kekuatan dan kecepatan dari kapal saat berlabuh didermaga.

Adapun tipe-tipe fender antara lain sebagai berikut:
1. Fender Kayu
Fender kayu juga dipasang pada sisi dinding dermaga, penggunaan bahan kayu juga dapat meredam energi kapal yang akan bersandar pada dermaga atau pelabuhan. Penggunaan fender kayu kini sudah sangat jarang digunakan, karena bahan kayu yang semakin mahal dan dapat merusak lingkungan melalui penebangan pohon secara illegal.

2. Fender Gravitasi
Fender grafitasi biasanya yang digantung sepanjang dermaga dan dibuat dari tabung baja yang diisi dengan beton dan sisi depan diberi pelindung kayu. Fender ini akan bergerak untuk meredam energy ketika terjadi benturan kapal dengan dermaga.

3. Fender Karet
Fender karet kini merupakan tipe fender yang paling banyak digunakan. Fender jenis biasa merupakan hasil dari produksi pabrik. Fender karet juga memiliki ukuran dan bentuk yang bervariasi.

Jenis-jenis karet fender antara lain:
• Karet fender dermaga tipe A
harga dan jenis karet fender dermaga pelabuhan tipe A
 
• Karet fender dermaga tipe cone Karet fender dermaga tipe D 
harga dan jenis karet fender dermaga pelabuhan tipe cone tipe D

• Karet fender dermaga tipe kotak / square rubber fender 
tipe dan jenis harga karet fender dermaga

• Karet fender dermaga tipe silinder 
merk fender berkualitas baik di indonesia

• Karet fender dermaga tipe super cell 
jenis dan harga fender dermaga atau pelabuhan terbaru

• Karet fender dermaga tipe V
fender yang biasa dan umum digunakan di indonesia
 
• Karet fender dari ban bekas 
alternatif bahan pengganti fender

• Dan jenis fender lainnya.

Cara memasang fender karet atau rubber fender pada dermaga antara lain:
1. Sebelum dilakukan pengecoran tempat yang dilakukan pemasangan fender diukur dan ditandai
2. Saat dilakukan pengecoran dinding dermaga yang akan dipasang fender, sebelumnya dilakukan pemasangan angkur tipe J pada dinding dermaga tersebut 
teknik memasang karet fender angkur J pada dinding dermaga pelabuhan
Gambar angkur J untuk karet fender 

3. Pada dinding dermaga sebelum dilakukan pengecoran angkur tipe J yang dipasang di las dengan besi tulangan dinding dermaga
4. Jarak antar angkur J harus disesuaikan dengan ukuran fender yang digunakan
5. Setelah beton dinding dermaga mengering, akan dilakukan pemasangan fender. Lalu ring baut dan baut fender digunakan untuk mensetting posisi dan mengikat fender agar terpasang pada dinding dermaga. 
cara pemasangan karet fender dermaga pelabuhan
Gambar fender yang telah terpasang

Demikian penjelasan Kitasipil mengenai fender pada dermaga /pelabuhan. Semoga bermanfaat..

Previous
Next Post »

Jangan melakukan spam dan terima kasih ConversionConversion EmoticonEmoticon