Hasil Pemikiran, Berikut Beberapa Solusi Mengatasi Kemacetan Di Indonesia Yang Layak Untuk Dilaksanakan - KITASIPIL.COM

KITASIPIL.COM

Hasil Pemikiran, Berikut Beberapa Solusi Mengatasi Kemacetan Di Indonesia Yang Layak Untuk Dilaksanakan


Indonesia sebagai negara berkembang terus melanjutkan pembangunan infrasruktur, Namun permasalahan yang sering terjadi masih terjadinya kemacetan di kota-kota besar di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh bertambahnya jumlah kendaraan, banyak masyarakat yang enggan naik transportasi umum dan berbagai faktor lainnya.

pembangunan infrastruktur yang dapat mengatasi kemacetan
Gambar salah satu pembanguan infastruktur jalan raya di dunia

Pemerintah Indonesia terus berupaya untuk mengatasi kemacetan, karena akan berdampak pada segi ekonomi, psikologi dan berbagai segi hal lainnya. Berbagai kebijakan telah coba diterapkan oleh pemerintah. Namun, kebijakan tersebut sedikit mendapat respon dari masyarakat, seperti kebijakan untuk beralih ke transportasi publik.

Terkait kemacetan ini, semua elemen bangsa harus turut andil untuk mengatasinya. Pola pikir masyarakat di negara berkembang seperti Indonesia, memiliki banyak kendaraan pribadi merupakan suatu kebanggaan. Berbeda dengan Negara maju seperti Jepang, mereka lebih memlih naik transportasi publik. Disamping itu, sistem transportasi di Indonesia masih harus banyak pembenahan sehingga siap dalam penyediaan infastruktur transportasi yang lebih baik.

Diskusi publik mengenai transportasi di Indonesia yang melibatkan para praktisi, akademisi baik dari dalam maupun dari negara maju lainnya dengan pemerintah dirasa penting, tidak ada salahnya Indonesia mencontoh dari teknologi dai negara maju lainnya demi kemajuan yang lebih baik. di bawah ini merupakan sedikit pemikiran Kitasipil terkait solusi mengatasi kemacetan di Indonesia.

Berikut beberapa solusi untuk mengatasi di Indonesia antara lain:

1. Moda transportasi yang saling berkesinambungan
Moda transportasi yang saling berkesinambungan dan terkait, akan memudahkan pengguna jasa transportasi untuk sampai ke lokasi tujuan.

2. Jadwal waktu keberangkatan transportasi umum yang teratur
Kebanyakan pengguna transportasi enggan menggunakan transportasi karena hal ini, yaitu jadwal keberangkatan transportasi umum yang tidak jelas waktu keberangkatannya. Padahal banyak masyarakat yang membutuhkan On time dalam hal pekerjaan maupun aktivitas penting lainnnya.

3. Menjamin keamanan bagi pengguna transportasi umum
Faktor keamanan sangat dibutuhkan bagi pengguna transportasi, pastinya tidak ada pengguna transportasi manapun yang ingin  mengalami tindakan kriminal ketika di dalam fasilitas transportasi publik. Oleh karena itu, kriminal di transportasi umum perlu tidak ditindak tegas, karena akan masyarakat menjadi resah dan enggan menggunakan transportasi publik.

4. Biaya transporatsi umum yang terjangkau
Hal yang sering terjadi adalah biaya naik transportasi umum sangat mahal, dibandingkan menggunakan pribadi. Oleh karena itu, perlu dibuat sistem terpadu berbasis teknologi yang memudahkan pengguna untuk membayar dan dengan harga yang terjangkau.

5. Promosi angkutan umum secara meluas
Untuk menarik minat masyarakat beralih ke transportasi dapat dilakukan degan cara menggratiskan biaya naik transportasi umum milik pemerintah dalam jangka waktu tertentu. Buat promosi branding yang teapat, bahwa naik angkutan umum juga menjadi kebanggaan bagi manyarakat, karena akan mengurangi kemacetan.

6. Melakukan pembagian jadwal lalu lintas
Metode ini dilakukan dengan pembagian waktu lalu lintas menjadi beberapa jenis, solusi ini juga dirasa dapat mengurasi kemacetan.

7. Melakukan studi evaluasi terhadap kapasitas jalan yang dibutuhkan
Pemerintah harus membuat data terpadu terkait kapasitas jalan yang dibutuhkan seiring pertumbuhan kendaraan pribadi melalui studi evaluasi, sehingga dapat menjadi bahan pembangunan infrastruktur ke depannya.

8. Pembangunan infrastruktur transportasi harus lebih cepat dari perkiraan pertambahan penduduk dan  jumlah kendaraan.
Pembangunan infrastruktur transportasi, harus lebih cepat dibandingkan perkiraan kemungkinan pertumbuhan penduduk dan bertambahnya kendaraan pribadi yang akan terjadi. Pembangunan sarana transportasi lainnya maupun infrastruktur yang dapat mengurangi kemacetan seperti fly over, under pass, jalan tol dan juga membuat sarana alternatif transportasi publik lainnya sangatlah penting. 

Pembahasan ini hanya sekedar pemikiran admin kitasipil, mungkin sobat sekalian punya altenatif solusi lain dapat dishare disini.

Demikian pembahasan kitasipil mengenai beberapa solusi untuk mengatasi kamacetan di Indonesia. Semoga bermanfaat..

Previous
Next Post »

Jangan melakukan spam dan terima kasih ConversionConversion EmoticonEmoticon