Baru Pertama Terjun Ke Proyek, Yuk Simak Tips Berinteraksi Dengan Tukang Bangunan Atau Buruh Kasar Di Lapangan - KITASIPIL.COM

KITASIPIL.COM

Baru Pertama Terjun Ke Proyek, Yuk Simak Tips Berinteraksi Dengan Tukang Bangunan Atau Buruh Kasar Di Lapangan


Menjadi seorang engineer sipil yang bergelut di proyek konstruksi, tentunya kita tidak pernah terlepas dari interaksi dengan orang lain, salah satunya dengan tukang ataupun buruh kasar di lapangan. Sebagai seseorang yang mungkin lebih berpendidikan formal dibanding mereka, diperlukan penyesuaian cara berinteraksi dibanding saat kita bercengkarama dengan teman maupun sahabat. Ketika berinteraksi yang berhubungan dengan pekerjaan dengan tukang atau buruh kasar diperlukan cara kita menyesuaikan diri dalam menyampaikan gagasan maupun pandangan kita dengan tanpa maksud menyinggung atau meremehkan kemampuan mereka. Oleh karena hal itu, kitasipil akan membagikan sedikit pengalaman mengenai hal tersebut di bawah ini.

tips berhadapan dengan tukang bangunan di lapangan
Gambar interaksi engineer sipil dan pekerja di lapangan

Berikut tips berinteraksi dengan tukang bangunan atau buruh kasar di lapangan antara lain:
1. Jangan sungkan memberikan pujian
Memberikan sedikit pujian terhadap hasil kinerja mereka yang baik, tentu tidak ada salahnya. Hal tersebut bahkan dapat menumbuhkan semangat bagi tukang atau buruh dalam bekerja.

2. Jangan meremehkan pendapatnya
Adakalanya meskipun kita lebih berpendidikan daripada mereka, tetaplah jangan pernah remehkan pendapat mereka. Mereka umumnya telah lebih berpengalaman dalam dalam bidang tersebut. Pada prinsipnya saling bertukar pikiran bersama, akan membuat mereka lebih merasa dihargai.

3. Jangan lupa memberikan sedikit candaan ringan
Terkadang kondisi kerja yang terlalu tegang dan serius tidak selalu menambah produktivitas kerja, adakalanya saling memberi candaan ringan di kala waktu senggang, juga dapat menambah keakraban dalam bekerja.

4. Sedikit berempati terhadap mereka
Di dalam bekerja terkadang beban pekerjaan dan fasilitas yang kita dapatkan terasa lebih baik dibanding yang mereka kerjakan. Hal itu juga tidak boleh membuat kita menjadi sombong, akan tetapi juga dapat membuat kita memiliki rasa empati terhadap mereka.

5. Buat keputusan yang juga menguntungkan mereka
Ketika selesai pekerjaan yang menghasilkan keuntungan yang baik bagi perusahaan ataupun kita secara pribadi dan apabila kita dapat membuat sedikit keputusan yang baik untuk mereka juga dirasa penting, seperti memberi sedikit bonus terhadap hasil kinerja mereka.

6. Mencari kesamaan pandangan hidup dengan mereka
Adakala kita memiliki perjuangan dalam hidup yang sama seperti mereka, juga tentang cara pandang kita tentang bagaimana harus bekerja keras di dalam hidup atau pandangan prinsip hidup kita yang sama dengan mereka. Hal itu akan dapat menumbuhkan rasa saling peduli dalam bekerja.

Menjaga suatu hubungan kerja yang baik dengan siapapun di lapangan merupakan suatu kewajiban agar terciptanya hubungan kerja yang baik. Demikian pembahasan Kitasipil mengenai tips berinteraksi dengan tukang bangunan di lapangan. Semoga Bermanfaat…

Previous
Next Post »

Jangan melakukan spam dan terima kasih ConversionConversion EmoticonEmoticon