10 Universitas Negeri Terbaik Dalam Bidang Teknik Sipil Di Indonesia - KITASIPIL.COM

KITASIPIL.COM

10 Universitas Negeri Terbaik Dalam Bidang Teknik Sipil Di Indonesia


Buat kalian yang baru lulus SMA dan ingin meneruskan ke jenjang perkuliahan menentukan jurusan merupakan salah satu hal yang penting. Bagi kalian yang ingin kuliah di jurusan teknik sipil, sebaiknya harus sesuai minat dan bakat yang kita miliki.

Jika kalian ingin masuk jurusan teknik sipil dan masih bingung mau memilih universitas mana yang ingin anda pilih. Berdasarkan info BAN PT dan berbagai referensi yang kitasipil dapatkan. Kitasipil merangkumnya ke dalam 10 universitas negeri terbaik dalam bidang teknik sipil di Indonesia.

Berikut 10 Universitas Negeri terbaik dalam bidang Teknik Sipil di Indonesia antara lain:

1. Institut Teknologi Bandung-ITB, Bandung
Universitas terbaik di Indonesia

Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) di ITB dahulunya bernama Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP), merupakan suatu fakultas yang terbentuk dari jurusan-jurusan pendidikan yang berada di lingkungan FTSP. Jurusan Teknik Sipil ini merupakan jurusan pendidikan sebagai cikal bakal lembaga pendidikan tinggi teknik di Indonesia – Technische Hoogesschool (THS) Bandoeng yang didirikan pada tanggal 3 Juli 1920.

Sumber : ftsl.itb.ac.id

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember-ITS, Surabaya
Universitas negeri terbaik jurusan teknik sipil di indonesia

Jurusan Teknik Sipil ITS mengusung visi sebagai pusat rujukan bidang Teknik Sipil di Indonesia yang menunjang pembangunan infrastruktur yang inovatif dan bereputasi internasional. Selain memperoleh akreditasi A oleh BAN-PT, Teknik Sipil ITS adalah Jurusan pertama di Indonesia yang mendapatkan sertivikasi ISO 9001:2000 di bidang akademik sejak tahun 2007 hingga saat ini.

Sumber: www.its.ac.id

3. Universitas Gadjah Mada-UGM, Yogyakarta
universitas yang memiliki jurusan teknik terbaik di indonesia
DepartemenTeknik Sipil FT UGM lahir bersama-sama dengan Fakultas Teknik UGM dalam kancah revolusi perjuangan pendirian Negara Indonesia. Riwayat Jurusan Teknik Sipil dapat dirunut ke masa kolonial Hindia Belanda. Visi Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan FT UGM (DTSL FT UGM) adalah menjadi institusi pendidikan tinggi di bidang teknik sipil yang bertaraf internasional dan menghasilkan lulusan yang andal dan bermoral, profesional, berkompeten, dan memperjuangkan kesejahteraan rakyat.

Sumber : tsipil.ugm.ac.id

4. Universitas Indonesia-UI, Jakarta
universitas dengan jurusan teknik sipil terbaik di indonesia
Pendidikan Teknik Sipil UI menyiapkan mahasiswa untuk menjadi seorang perencana, perancang, konstruktor dan manajer dari berbagai pekerjaan teknik Sipil. Teknik Sipil bekerja pada semua tingkatan seperti pada sektor umum dari pembangunan kota hingga pembangunan nasional dan sektor privat dari kepemilikan pribadi hingga perusahaan multinasional.

Sumber : www.ui.ac.id

5. Universitas Andalas-Unand, Padang
universitas terbaik jurusan teknik sipil di indonesia

Jurusan Teknik Sipil Universitas Andalas berdiri sejak tahun 1985, merupakan salah satu jurusan yang pertama kali dibuka dengan dibukanya Fakultas Teknik Universitas Andalas yang berlokasi di Jl. Hamka Air Tawar, Padang. Dengan bantuan dari ADB, Jurusan Teknik Sipil kemudian dipindahkan ke gedung baru di kampus Universitas Andalas, Limau Manis, Padang. Gedung tersebut dilengkapi dengan fasilitas laboratorium, pustaka dan ruang tutorial.

Sumber : www.sipil.undip.ac.id

6. Universitas Diponegoro-Undip, Semarang 
universitas berakreditasi A dari BAN PT jurusan teknik sipil

Berdiri sejak tahun 1958 untuk memenuhi kebutuhan ahli teknik sipil di Semarang, mulai bulan Mei tahun 2016 Jurusan Teknik Sipil berubah nomenklaturnya menjadi Departemen Teknik Sipil. Saat ini Departemen Teknik Sipil UNDIP telah berkembang menjadi salah satu institusi pendidikan teknik sipil terkemuka di Indonesia.

Sumber : www.sipil.undip.ac.id

7. Universitas Hasanuddin-Unhas, Makassar 
universitas hasanuddin memiliki akreditasi A BAN PT untuk jurusan teknik sipil
Jurusan teknik sipil merupakan salah satu jurusan tertua di Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin yang berdiri sejak 8 September 1960 dan pembinaannya pada masa itu masih diselenggarakan oleh para tenaga dosen luar biasa.

Pada dasawarsa ini, merupakan kebangkitan dalam pengembangan pendidikan dan penambahan tenaga akademis yang cukup berarti, ditandai dengan penyempurnaan kurikulum, pembangunan kampus baru di kampus Gowa dan pembukaan program pascasarjana Strata 2 pada tahun 2000 dan Strata 3 pada tahun 2009.

Sumber : eng.unhas.ac.id/sipil/

8. Universitas Brawijaya-Unibraw, Malang
profil jurusan teknik sipil universitas brawijaya

Jurusan Teknik Sipil Universitas Brawijaya didirikan pada tahun 1963 bersamaan dengan tahun berdirinya Universitas Brawijaya. Program ini ditujukan agar lulusan lebih mudah beradaptasi di semua bidang ketekniksipilan. Selain itu lulusan diharapkan mampu menguasai dan menerapkan dasar ilmu teknik sipil, akrab dengan teknologi informasi, mampu berlogika dengan baik, mampu mengembangkan diri secara terus menerus, dan memiliki kepribadian profesional.

Sumber : hms.ub.ac.id/teknik-sipil-universitas-brawijaya/

9. Universitas Syiah Kuala-Unsyiah, Banda Aceh
profil jurusan teknik sipil universitas syiah kuala

Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala berdiri pada tahun 1963 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) bertanggal 1september 1963, Nomor: 103 tahun 1963. Tahun 2004 PSTS Universitas Syiah Kuala telah mendapatkan akreditasi A berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI No. 06368/Ak-VII–S1-016/USNLDS/V/2004. Tahun 2011 sampai dengan tahun 2016 PSTS masih menyandang akreditas A Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 024/BAN-PT/Ak-XIV/S1/IX/2011.

Sumber : sipil.unsyiah.ac.id

10. Universitas Sriwijaya-Unsri, Palembang
profil jurusan teknik sipil universitas syiah kuala unsri
Jurusan Teknik Sipil yang berdiri pada 31 Oktober 1960 bertepatan dengan berdirinya Universitas Sriwijaya dan yang berada di Palembang. Tujuannya adalah untuk berpartisipasi dalam pengembangan sumber daya manusia khususnya bidang teknik sipil di Sumatera Selatan. Era pertama (1960-1990) adalah masa pembangunan infrastruktur dan kepegawaian. Tujuan Jurusan Teknik Sipil Unsri adalah menjadi yang unggul dalam RIPTEK untuk peningkatan dan pengembangan kualitas infrastruktur yang berwawasan lingkungan dan energi pada tahun 2025.

Sumber : sipil.ft.unsri.ac.id

Memang menjadi mahasiswa di universitas terkemuka di Indonesia menjadi suatu kebanggaan. Namun untuk masuk ke dalam universtas tersebut harus berjuang keras, karena universitas tersebut merupakan universitas yang favorit di Indonesia untuk jurusan teknik sipilnya. Ada satu hal yang perlu kita ingat yaitu jangan lupa untuk menjadi lulusan yang mempunyai skill yang layak diterima di dunia kerja dan membanggakan Bangsa Indonesia ini.

Demikian pembahasan Kitasipil mengenai 10 Universitas Negeri terbaik di bidang Teknik Sipil di Indonesia. Semoga bermanfaat..

Previous
Next Post »

Jangan melakukan spam dan terima kasih ConversionConversion EmoticonEmoticon