10 Lapangan Kerja Yang Sesuai Untuk Lulusan Teknik Sipil - KITASIPIL.COM

KITASIPIL.COM

10 Lapangan Kerja Yang Sesuai Untuk Lulusan Teknik Sipil


Baru lulus SMA tapi masih bingung mau lanjut kuliah di jurusan apa, atau ingin berkarir langsung dengan ijazah SMA. Hal tersebut terserah pada diri sobat masing-masing.

Bagi kalian yang ingin akan melanjutkan kuliah dan ingin memilih jurusan teknik sipil. Gak perlu ragu deh, jurusan teknik sipil sangat menjanjikan untuk bidang lapangan pekerjaan.
prospek kerja untuk lulusan teknik sipil
Gambar anak teknik sipil sangat dibutuhkan di dunia kerja

Kuliah di jurusan teknik sipil juga sangat mendidik kita agar lebih terlatih ketika terjun di dunia kerja. Skill di bidang teknik sipil juga sangat dicari di era pembangunan Indonesia sekarang ini. Pembangunan infastruktur secara merata akan masih prioritas Negara Indonesia untuk sekarang ini. 

Bidang yang dipelajari di jurusan teknik sipil sangat dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, ketika kita merenovasi rumah, menghitung studi kelayakan investasi yang akan kita lakukan, juga dipelajari melalui mata kuliah yang disebut ekonomi teknik.

Menjadi seorang mahasiswa kita tidak hanya dididik untuk menjadi seorang karyawan, kita juga diharapkan mampu membuka lapangan kerja bagi orang lain melalui pelajaran kewirausahaan.

Jika kita ingin tahu mahasiswa teknik sipil dapat bekerja di bidang apa saja. Akan di bahas di bawah ini.

Berikut 10 lapangan kerja yang sesuai untuk lulusan teknik sipil antara lain:
1. Pegawai Negeri Sipil (PNS) di dinas yang terkait dengan bidang teknik sipil
Prospek kerja lulusan teknik sipil sebagai PNS di Dinas
Banyak instansi atau dinas yang memerlukan lulusan teknik sipil, seperti Dinas Pekerjaan Umum (PU), Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah), Dinas Perhubungan. Instansi tersebut sangat membutuhkan lulusan teknik sipil sebagai pengawas pekerjaan, maupun ahli di bidang konstruksi. 

2. Perusahaan kontraktor proyek kontruksi
perusahaan konstruksi untuk lapangan kerja lulusan teknik sipil

Banyak kontraktor di Indonesia yang sangat membutuhkan tenaga para lulusan teknik sipil, baik perusahan kontruksi BUMN atau pun perusahaan kontruksi swasta. Semakin banyak proyek yang mereka kerjakan akan semakin banyak pula lulusan teknik sipil yang dibutuhkan.

3. Perusahaan Konsultan perencanaan atau di konsultan pengawasan konstruksi
prospek lulusan teknik sipil di dunia konsultan konstruksi

Selain di bidang pelaksana proyek kontruksi, lulusan teknik sipil juga dapat bekerja di bidan perencanaan dan pengawasan proyek konsruksi, karena sangat dibutuhkan seorang engineer yang mengerti aspek teknik dari konstruksi.

4. Supplier/distributor material konstruksi atau bahan bangunan
propek kerja lulusan teknik sipil di toko bahan bangunan supplier material konstruksi

Untuk mengerjakan proyek kontruksi, terkadang kontraktor selain menggunakan material produksi sendiri juga membutuhkan material dari supplier/distributor. Oleh karena itu, diperlukan engineer yang mengerti mengenai jenis material yang dibutuhkan untuk pekerjaan proyek konstruksi tersebut.

5. Perminyakan (oil and gas)
prospek lulusan teknik untuk kerja di perminyakan

Meskipun tergolong langka atau sedikit lulusan teknik sipil yang bekerja di bidang ini, bidang perminyakan juga membutuhkan lulusan teknik sipil untuk kegiatan pembangunan prasarana bangunan di bidang perminyakan.

6. Pengembang Perumahan (developer property)
prospek anak teknik sipil kerja di developer property

Kebutuhan akan rumah tinggal semakin meningkat, pengembang perumahan di Indonesia juga mengalami kemajuan yang pesat. Oleh karena itu, untuk peran lulusan dalam membangun perumahan yang baik juga sangat dibutuhkan.

7. Pabrik/Manufaktur
prospek lulusan teknik sipil kerja di industri manufaktur

Pekerjaan manufaktur umumnya lebih pada mengubah bahan mentah menjadi bahan jadi. Akan tetapi, untuk pemeliharaan dan perawatan bangunan lulusan teknik sipil biasanya menjadi prioritas utama.

8. Pertambangan (mining)
lapangan kerja pertambangan cocok untuk lulusan teknik sipil

Perusahaan tambang sangat membutuhkan lulusan teknik sipil untuk pengerjaan di lapangan seperti perusahaan tambang batu bara. Lulusan teknik sipil sangat dibutuhkan untuk peninjauan aspek teknik sipil di lokasi kerja.

9. Bank 
prospek lulusan teknik sipil untuk bekerja di biddang teknik sipil

Bank juga sering merekrut lulusan teknik sipil. Seorang anak teknik sipil juga layak bekerja di bank, karena juga memiliki kemampuan di bidang ekonomi dan juga memiliki ketajaman perhitungan yang baik.

10. Perusahaan Listrik 
prospek lulusan teknik sipil untuk bekerja di perusahaan listrik negara PLN

Perusahaan listrik seperti PLN (Perusahaan Listrik Negara) juga sangat sering merekrut lulusan teknik sipil. Hal ini menunjukkan bahwa ilmu teknik sipil sangat terkait dengan berbagai bidang pekerjaan di dunia ini.

Untuk lulus menjadi karyawan di perusahaan dengan bidang di atas bukanlah perkara mudah, dibutuhkan skill dan kemampuan kita sebagai lulusan teknik sipil yang memadai.

Demikian pembahasan Kitasipil mengenai 10 lapangan kerja yang sesuai untuk lulusan teknik sipil. Semoga bermanfaat,,,

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
si panik
AUTHOR
Saturday, 15 July 2017 at 08:30:00 GMT+7 delete

aku terjebak di dunia sipil.......

Reply
avatar

Jangan melakukan spam dan terima kasih ConversionConversion EmoticonEmoticon