Mengenal Proyek Jetty - KITASIPIL.COM

KITASIPIL.COM

Mengenal Proyek Jetty


Kali ini Kitasipil akan membahas mengenai jetty, mungkin kita sering melihat kata jetty pada nama proyek konstruksi. Penjelasan selengkapnya mengenai jetty dapat dibaca di bawah ini.

pelaksanaan proyek jetty
Gambar pelaksanan proyek jetty

Bangunan pantai digunakan untuk melindungi pantai dari kerusakan yang diakibatkan oleh serangan gelombang dan arus. Salah satu metode untuk menanggulangi erosi pantai adalah penggunaan struktur pelindung pantai, dimana struktur tersebut berfungsi sebagai peredam energi gelombang pada lokasi tertentu. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melindungi pantai yaitu salah satunya adalah yang akan Kitasipil bahas kali ini yaitu jetty.

Pengertian Jetty


Jetty adalah sebuah bangunan tegak lurus pantai yang diletakkan pada kedua sisi muara sungai yang berguna untuk mengurangi pendangkalan alur oleh sedimen pantai dan untuk penganggulangan banjir.

Beberapa manfaat dari jetty antara lain:

1. Memperlancar perdagangan antar negara/dalam negri melalui perairan
2. Memperkuat pertahanan dan keamanan sebuah negara yang beralaskan untuk pertimbangan politik, ekonomi dan teknis, seperti pelabuhan militer. 

Penjelasan Mengenai Fungsi Jetty diantaranya adalah:

1. Untuk mengurangi pendangkalan alur oleh sedimen pantai pengendapan di muara dapat mengganggu lalu lintas kapal, Jetty menahan berbeloknya muara sungai dan mengkonsentrasikan aliran ada alur yang telah ditetapkan untuk bisa mengerosi endapan, sehingga pada awal musim penghujan dimana saat debit besar (banjir) belum terjadi, muara sungai telah terbuka.

2. Untuk penanggulangan banjir, maka dapat digunakan salah satu dari bangunan berikut, yaitu jetty panjang, jetty sedang atau jetty pendek. Jetty panjang apabila ujungnya berada di luar gelombang pecah. Tipe ini efektif untuk menghalangi masuknya sedimen ke muara, tetapi biaya konstruksi sangat mahal, sehingga kalau fungsinya hanya untuk penanggulangan banjir pemakaian jetty tersebut tidak ekonomis. Kecuali apabila daerah yang harus dilindungi terhadap banjir sangat penting. Jetty sedang, dimana ujungnya berada antara muka air surut dan lokasi gelombang pecah, dapat menahan sebagian pengiriman sedimen sepanjang pantai. Alur diujung jetty masih memungkinkan terjadinya endapan pasir. Pada jetty pendek, kaki ujung bangunan berada pada muka air surut.

Demikian, penjelasan Kitasipil mengenai proyek jetty. Semoga bermanfaat..

Previous
Next Post »

Jangan melakukan spam dan terima kasih ConversionConversion EmoticonEmoticon