10 Bangunan Paling Keren Dan Paling Mengagumkam Di Dunia - KITASIPIL.COM

KITASIPIL.COM

10 Bangunan Paling Keren Dan Paling Mengagumkam Di Dunia


Kali ini Kitasipil akan membahas mengenai 10 bangunan yang paling keren dan mengagumkan di dunia.

Pembangunan peradaban dunia tidak terlepas dari perkembangan gaya arsitektur bangunan di wilayah tersebut. Seperti yang kita ketahui banyak kota di dunia yang memiliki bangunan yang sangat keren dan mengagumkan dari segi arsitekturnya. 

Berikut ini merupakan 10 bangunan yang paling keren dan paling mengagumkan di dunia versi Kitasipil antara lain:

1. Mesijil Haram, Mekkah, Arab Saudi

bangunan paling keren dan mengagumkan di dunia
Gambar via wikipedia.com

Mesjid Haram ini adalah mesjid terbesar di dunia dan juga tempat yang sangat sakral bagi umat islam, karena mesjid ini mengelilingi ka’bah yang merupakan kiblat shalat bagi umat islam dari seluruh penjuru dunia. Ketika musim haji tiba, mesjid ini menjadi tujuan utama karena menjadi tempat dilakukannya sa’i dan tawaf yang merupakan rukun ibadah haji. Kini bangunan tersebut juga sedang direnovasi agar dapat menampung lebih banyak jamaah haji.

2. Tajmahal, India

bangunan paling keren dan mengagumkan di dunia
Gambar via wikipedia.com

Taj Mahal dikenal sebagai bangunan terindah terletak di Agra, India. Bangunan ini adalah sebuah musoleum dari marmer puthih yang dirancang oleh Arsitek Ustad Ahmad Lahauri. Pembangunannya dilakukan di masa kekaisaran Mogul di bawah pemerintahan Raja Shah Jahan. Taj mahal awalnya didirikan untuk mengenang istri ketiga Raja Shah Jahan yaitu Arjumand Banu Begum, atau yang lebih dikenal dengan Ratu Mumtaz Mahal yang meninggal dunia saat sedang melahirkan putrinya yang bernama Gauhara Begum pada tahun 1631. Lalu pembangunan Taj Mahal dimulai pada tahun 1632 sampai tahun 1651. Awalnya jenazah ratu mumtaz mahal dimakamkan di sekitar sisi barat tembok Taj Mahal, dan ketika bangunan tersebut hampir selesai di bangun pada tahun 1948, barulah jenazahnya dipindahkan ke dalam Taj Mahal.

3. Hagia sofya, Turki

bangunan paling keren dan mengagumkan di dunia
Gambar via wikipedia.com

Bangunan Hagia Sofya atau Hagia Sophia atau Aya Sophia ini awalnya di bangun pada tahun 532-537 sebagai gereja kebijaksanaan suci ketiga yang dibangun di lokasi tersebut karena dua bangunan sebelumnya telah hancur akibat kerusuhan. Hagia Sofya ini dibangun atas perintah Kaisar Rowami Timur Yustinianus I. Kemudian pada tahun 537 sampai 1453 M, bangunan ini menjadi katedral orthodoks dan tempat kedudukan Patriark Ekumenis Konstantinopel, kecuali pada 1204 sampi 1261, bangunan ini sempat menjadi Katedral Katolik Roma oleh Pasukan Salib Keempat. Lalu ketika ditaklukannya kekuasaan konstantinopel oleh Kesultanan Utsmani, pada tahun 1453 sampai tahun 1931, bangunan dijadikan sebagai mesjid. Dan pada tahun 1 Februari 1935, bangunan ini disekulerkan menjadi sebuah museum oleh Pemerintah Turki. Dan kini di masa Pemerintahan Presiden Erdogan, Hagia Sofya dikabarkan dapat difungsikan kembali sebagai mesjid, walau hanya berlaku untuk bulan puasa saja. Hagia Sophia mendemonstasikan epitome arsitektur Byzantine yang mempengaruhi sejarah arsitektur. Pengaruh Islam bisa ditemukan di dalam struktur bangunan ini.

4. Menara Miring Pisa, Italia

bangunan paling keren dan mengagumkan di dunia
Gambar via wikipedia.com

Menara pisa dikenal merupakan menara lonceng dari marmer putih, sebagai salah satu dari empat menara di kompleks katedral Pisa, Italia. Menara ini dikenal dengan bentuknya yang tidak vertikal, meskipun rencana awal pembangunannya secara vertikal akan keadaan tanah saat itu yang membuat pondasi tersebut goyang. Pembangunannya dibangun pada tahun 1173 dan berlangsung hingga dua abad lamanya. Sejarah mengenai siapa arsitek yang membangunnya juga memiliki kontroversi. Tapi yang jelas bangunan ini merupakan salah situs warisan dunia dari UNESCO.

5. Burj Khalifa, Dubai, Uni Emirat Arab

bangunan paling keren dan mengagumkan di dunia
Gambar via wikipedia.com

Kini Uni Emirat Arab (UEA) mengalami kemajuan pesat di bidang pembangunan, Dubai kini berhasil membuat gedung pencakar langit tertinggi di dunia awalnya dinamakan dengan Burj Dubai. Kemudian diubah menjadi Burj Khalifa yang di ambil dari nama Sheik Khalifa bin Zayed al Nahyan yang merupakan penguasa Abu Dhabi yang menyelamatkan dubai dari krisis ekonomi pada tahun 2009. Bangunan ini menurut wikipedia.com memiliki tinggi 868 m yang terdiri dari 160 lantai dan 54 lift berkecepatan 60 km/jam dan diresmikan pada tanggal 4 Januari 2010. Burj Khalifa ini dirancang oleh Perusahaan asal Korea Selatan yaitu Samsung Engineering and Construction.

6. Metrosol parasol, Sevilla, Spanyol

bangunan paling keren dan mengagumkan di dunia
Gambar via wikipedia.com

Metrosol parasol terletak di Sevilla, Spanyol yang merupakan bangunan dengan struktur kayu terbesar seperti payung bergembang. Kayu yang digunakan adalah kayu birch yang diimpor langsung dari Finlandia. Namun di tengah perjalanan pembangunannya sempat terhenti karena dirancang untuk menggunakan lem untuk perkuatan strukturnya. Proyek Parasol Metrosol merupakan bagian dari pembangunan kembali Plaza de la Encamacion yang dirancang oleh arsitek J. H. Mayer. Bangunan ini dibangun pada tahun 2005 dan selesai pada tahun 2011, kini telah menjadi ikon kota Sevilla.

7. Candi Prambanan, Indonesia

bangunan paling keren dan mengagumkan di dunia
Gambar via wikipedia.com

Bangunan ini merupakan sangat terkenal di Indonesia yang dikenal dengan Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang. Candi juga candi hindu terbedar di indonesia, salah satu candi terindah dan termegah di Asia Tenggara. Menurut prasasti Siwagrha, candi ini mulai dibangun pada sekitar tahun 850 masehi oleh Rakai Pikatan, dan terus dikembangkan dan diperluas oleh Balitung Maha Sambu, pada masa kerajaan Medang Mataram. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai Candi utama dengan ketinggian mencapai 47 m, berdiri tegak di tengah gugusan candi yang lebih kecil. Candi ini termasuk salah satu situs warisan dunia UNESCO.

8. Guangzhou Opera House, Guangzhou, China

bangunan paling keren dan mengagumkan di indonesia
Gambar via wikipedia.com

Struktur dan design bangunan ini adalah karya arsitek ternama dunia yang berasal dari Irak Zaha Hadid, Beliau merupakan wanita pertama yang berhasil menjuarai Pritzker Architecture Price. Banguan ini memiliki struktur yang unik yang terbuat dari granit dan kaca yang melapisi bingkai baja. Guangzhou Opera House terletak di kota Guangzhou, China, bangunan ini merupakan tempat pertunjukkan teater terbesar di China. Bangunan ini mulai dibangun pada tahun 2005 dan diresmikan pada bulan mei 2010. Guangzhou Opera House juga sering mengadakan pertujuakan opera dan teater sepanjang tahun.

9. Sydney Opera House, Sydney, Australia

bangunan paling keen dan mengagumkan di dunia
Gambar via wikipedia.com

Sydney Opera House merupakan pusat pertunjukkan yang didirikan pada tahun 1973 yang terletak di pelabuhan Sydney. Setiap tahunnya Sydney Opera House menggelar sekitar 1500 pertunjukan. Pada tahun 2007, bangunan ini ditetepakan sebagai salah satu situs warisan dunia dari UNESCO tahun 2007.

10. Absolute World, Mississauga, Kanada

bangunan paling keren dan mengagumkan di dunia
Gambar via wikipedia.com

Menara kembar absolute world terletak di Mississauga, Kanada. Tower ini dimiliki oleh Fembrook Homes yang dibangun oleh Cityzen Development Group. Bangunan ini tampak seolah –olah mereka sedang berotasi. Menara kembar ini merupakan salah satu bagian kompek lima menara.

Demikianlah informasi mengenai 10 Bangunan paling keren dan mengagumkan di dunia versi Kitasipil. Semoga Bermanfaat..

Previous
Next Post »

Jangan melakukan spam dan terima kasih ConversionConversion EmoticonEmoticon